Sukses

Antisipasi Pemerintah Hadapi Puncak Arus Balik Hari Ini

Untuk ‎Nagreg, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan menerakan sistem satu arah dari timur menuju ke barat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah telah menyiapkan skema untuk mengantisipasi puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada hari ini. Sejumlah titik lokasi pun mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Budi mengungkapkan, sejauh ini arus balik masih dalam kondisi terkendali. Namun puncak arus mudik ini yang diperkirakan akan terjadi pada hari ini hingga esok tetap menjadi perhatian bagi pemerintah.

"Sejauh ini relatif baik, terima kasih atas segala apresiasi. Namun demikian kami masih menyisakan dua hari. Hari ini dan besok. Di mana hari ini adalah puncak mudik di mana untuk udara kereta api, darat," ujar dia dalam acara 4th Congress of Indonesian Diaspora di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Menurut dia, sejumlah titik yang akan konsentrasi kepadatan pemudik antara lain di Nagreg, Tol Cikampek-Jakarta KM 66, Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Gilimanuk.‎ "Dan kita sedang bahu membahu menyelesaikan beberapa masalah terutama di beberapa titik, di Nagreg, di KM 66, dan Bakauheni dan di gilimanuk. Itu beberapa titik," lanjut dia.

Untuk ‎Nagreg, kata Budi, pemerintah akan menerakan sistem satu arah dari timur menuju ke barat. Hal tersebut menyesuaikan volume kendaraan yang diperkirakan meningkat ke arah Jakarta saat arus balik ini.

"Kalau Di Nagreg kita harus membuat satu arah dari timur ke arah barat. Oleh karenanya kami memberikan himbauan, tapi melalui Kadishub. Km 66 adalah pertemuan antara Cileunyi dan Cipali. Tentunya kita harus me-manage lalu lintas itu dengan suatu volume yang memadai yang walaupun secara utama kita sudah siapkan gerbang menjadi 31," jelas dia.

Sementara untuk Pelabuhan Bakauheni, pemerintah akan menambah pengamanan dan layanan seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang kapal laut yang akan kembali ke Jawa maupun sebaliknya.

"Sejauh ini arus balik Bakauheni tidak ada masalah, hanya volumenya meningkat jadi kita harus seksama mengatur jadwal mengatur security safety dan level of services dengan baik," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.