Sukses

Arus Balik, Lewat Tol Cipali Diskon 10 Persen Mulai Hari Ini

PT Lintas Marga Sedaya memberlakukan diskon 10 persen terutama bagi penggunaa e-tol sejak Jumat 30 Juni 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menghadapi arus balik Lebaran 2017, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memberlakukan diskon 10 persen khusus bagi pengguna e-Toll. Diskon ini diberikan untuk pengguna kendaraan golongan 1 dan mulai hari ini sampai dengan Minggu, 2 Juli 2017.

Wakil Presiden Direktur LMS, Firdaus Azis mengimbau kepada pemudik untuk menggunakan pembayaran tol menggunakan uang elektronik (e-payment) atau e-Toll untuk mempercepat proses transaksi di gerbang tol sehingga memperlancar arus lalu lintas. LMS mendukung program tersebut karena penetrasi penggunaan e-Toll di tol Cipali belum menyentuh 20 persen dari total transaksi.

"Kita beri diskon 10 persen untuk kendaraan golongan 1, pengguna kartu uang elektronik. Berlaku selama arus balik, yakni mulai hari ini hingga 2 Juli 2017," kata Firdaus dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Firdaus mengimbau pengemudi menyiapkan uang pas Rp 55.500, khususnya untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Kaligangsa atau GT Brebes Timur (sebelum masuk tol Cipali, melalui GT Palimanan Utama), karena tidak akan diberlakukan pembulatan tarif.

"Untuk mempercepat transaksi yang menggunakan uang tunai, LMS telah menyediakan voucher pengganti uang tunai dengan tarif normal Rp 55.500 sebelum gardu tol oleh petugas JKR dengan identitas LMS," papar dia.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

Imbauan Arus Balik

Imbauan Arus Balik

- LMS mengimbau pengguna jalan tol Cipali agar melakukan manajemen waktu demi mengurangi penumpukan jumlah kendaraan, yakni dengan tidak melakukan perjalanan balik dalam waktu bersamaan pada Sabtu dan Minggu.

- Untuk pengemudi yang hendak balik ke arah Jakarta, sebaiknya memastikan terlebih dahulu agar BBM di kendaraannya terisi penuh. Hal ini untuk mengantisipasi antrian panjang di SPBU rest area.
- LMS dan Pertamina bekerja sama menyediakan BBM kemasan berukuran 10 liter di rest area tol Cipali sehingga dapat menghindari antrean panjang di SPBU.

- LMS mengimbau kepada pengemudi untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh. Pengemudi dapat beristirahat di luar area tol Cipali dengan keluar melalui gerbang tol terdekat.

- Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke tol Cipali dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama saat dihitung jumlah yang mesti dibayarkan.

- Pengemudi juga diimbau untuk memeriksa kondisi kendaraannya seperti rem, lampu dan lainnya agar berfungsi dengan baik, serta menjaga jarak aman dan mematuhi batas kecepatan berkendara demi keselamatan bersama. Beristirahatlah jika lelah dan mengantuk di rest area dan parking bay yang tersedia.

- LMS menyiapkan parking bay baru yang dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet selama masa mudik. Namun parking bay tersebut hanya akan dibuka sesuai dengan rekomendasi pihak kepolisian untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran seluruh pengguna jalan tol, yakni di:

1. Cikopo (bekas gerbang tol Cikopo di KM 78 A arah Cirebon dan KM 78 B arah Jakarta)

2. KM 153+400 A (arah Cirebon) dan KM 155+200 B (arah Jakarta)

Di sepanjang jalan tol Cipali, terdapat delapan rest area yakni:

1. Sebanyak 4 Rest Area Tipe A (besar) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara, ada di KM 102 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 166 arah Cirebon, dan KM 164 arah Jakarta.

2. Sebanyak 4 Rest Area Tipe B (kecil) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, ada di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Jakarta, KM 130 arah Cirebon, KM 130 arah Jakarta.

- LMS juga menyediakan posko pelayanan kesehatan sementara bagi semua pengguna jalan tol Cipali yang membutuhkan di setiap Rest Area tipe A dan tipe B secara gratis.

- Bagi para pengemudi yang membutuhkan peta tol Cipali, LMS menyediakannya di Rest Area KM 164 arah Jakarta mulai dari 28 Juni hingga 1 Juli 2017 secara gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.