Sukses

Pasar Senen Bakal Dibangun Apartemen, Ini Kata Pedagang

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta akan kembali membangun ‎Pasar Senen di Jakarta Pusat yang sempat terbakar beberapa waktu lalu. Namun pembangunan tersebut rencananya disertai dengan proyek apartemen yang terintegrasi.

‎Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengakui, sejak awal sudah mendengar kabar jika di Pasar Senen akan dibangun apartemen yang ditujukan bagi warga Jakarta. Namun hal tersebut belum disampaikan resmi kepada para pedagang di pasar tersebut.

‎"Ada kabar jika sejak awal diagendakan akan dibangun apartemen. Tapi belum ada penyataan resmi sampai ke pedagang, kabarnya hanya dari mulut ke mulut saja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/2/2017).

‎Dia menjelaskan, jika rencana pembangunan apartemen tersebut tidak mengubah lokasi berjualan para pedagang atau hanya akan dibuat terintegrasi, maka hal tersebut akan didukung  pedagang.

Sebaliknya, pedagang memastikan menolak keras jika Pasar Senen dibongkar dan diganti dengan apartemen.

"Dari info yang kita terima itu terintegrasi dengan apartemen. Kalau terintegrasi, itu lebih bagus. Tapi kalau pasarnya dibuat apartemen, kami tolak keras. Apalagi dibuat mal," kata dia.
 
Jika apartemen tersebut dibuat untuk menggantikan lokasi pasar yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu‎, maka kuat dugaan jika terbakarnya Pasar Senen beberapa waktu lalu sebagai bagian dari proyek pembangunan ini.

‎"Kalau mau diganti dengan apartemen, maka asumsi publik jika Pasar Senen sengaja dibakar itu memang tercium kuat. Selama ini itu asumsi liar. Ini sedikit banyak akan terbukti. Yang pasti kami tidak setuju jika pasar itu dijadikan apartemen," tandas dia.(Dny/Nrm)