Sukses

Setiap Pasar Tradisional Mesti Punya Gudang‎ Es

Ekonom menilai, pemerintah revitalisasi pasar masih secara fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus merevitalisasi pasar-pasar tradisional pada tahun ini. Hanya saja, manajemen revitalisasi tersebut dinilai perlu ditingkatkan.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Exonomics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengaku pemerintah saat ini dalam merevitalisasi pasar masih secara fisik.

"Jadi Kementerian Perdagangan ini selama ini yang kelihatan hanya sekadar masih memperbarui fisiknya, sementara tata kelola di pasarnya belum terlihat," kata Enny saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (9/1/2017).

‎Beberapa hal demi meningkatkan kualitas pedagang, seharusnya pemerintah juga memperbaiki pola distribusi ke masing-masing pasar tersebut. Dengan begitu, harga barang yang dijual lebih efisien.

Tak hanya itu, untuk menjaga kualitas dan pasokan barang di masing-masing pasar, pemerintah harus menempatkan satu perwakilannya.

"Ditambah bangun infrastruktur pasar itu, misalnya setiap pasar ada cool storage, jadi para pedagang‎ bisa simpan bahan dagangannya di sana, sehingga stok aman," ujar Enny.

Dengan peningkatan fasilitas ini ia meyakini dapat diterima pedagang meski nantinya akan menambah biaya retribusi. "Saya pikir tidak masalah, bayar tambahan sedikit tapi setok mereka aman, harga juga tidak gampang naik," tutur dia.

‎(Yas)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.