Sukses

7 Bisnis Terbaik untuk Remaja

Tidak ada batasan usia dan ruang untuk memulai bisnis. Siapa saja dan di mana saja dapat memulai bisnis,

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada batasan usia dan ruang untuk memulai bisnis. Siapa saja dan di mana saja dapat memulai bisnis, termasuk Anda yang masih remaja sekalipun tetap bisa menghasilkan uang tambahan dari rumah maupun perguruan tinggi. Asal ada kesungguhan dalam menjalaninya, semua pasti akan membuahkan hasil.

Apa saja bisnis yang dapat dilakukan oleh seorang remaja? Berikut tujuh bisnis terbaik untuk remaja yang dapat dilakukan di rumah maupun di perguruan tinggi yang dikutip dari Thebalance.com, Sabtu (19/11/2016):

1. Menjual Hasil Kerajinan Tangan

Untuk Anda yang kreatif dan suka membuat kerajinan tangan, ada baiknya untuk mencoba menjual hasil kerajinan tangan Anda. Ini merupakan tips terbaik yang dapat membantu menghasilkan uang tambahan.

Namun, jangan sampai melupakan untung ruginya. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda harus memastikan hasil yang didapat harus mampu menutupi modal awal.

2.  Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Jika Anda termasuk orang yang suka menumpuk barang-barang yang tidak terpakai sehingga membuat rumah terlihat berantakan, ada baiknya Anda mulai menjual barang-barang tersebut, baik secara online atau secara langsung.

Dengan menjual barang-barang tersebut, tentunya akan menambah uang dan membantu membersihkan rumah Anda.

Asisten Media Sosial

3. Asisten Media Sosial

Apa bisnis yang paling menjanjikan untuk remaja saat ini? Jawabannya adalah asisten media sosial. Dengan aktif di media sosial, Anda dapat menghasilkan uang tambahan. Bagaimana caranya? Anda dapat mencoba fokus pada satu platform, seperti membantu mempromosikan suatu bisnis di Instagram atau dapat juga mencoba mengelola percakapan di beberapa jaringan, seperti Facebook dan Twitter.

Selain menguntungkan untuk Anda, hal ini juga dapat membuat Anda menjadi lebih profesional dan lebih sopan karena harus memposting atas nama sebuah bisnis.

4. Mengajar

Bila Anda menguasai mata pelajaran (akademik) tertentu, maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Mulailah mencoba menjadi pengajar bagi siswa lainnya yang membutuhkan bantuan.

Begitu pula jika Anda menguasai keterampilan lainnya, Anda dapat mengajarkan keterampilan itu kepada siswa lainnya. Banyak keterampilan yang bisa diajarkan, seperti penggunaan komputer, memainkan alat musik, dan lain-lain.

Pengasuh Anak

5. Pengasuh Anak

Salah satu bisnis yang dapat Anda coba adalah menjadi pengasuh anak. Ini bisa menjadi pilihan terbaik, terlebih jika Anda juga menyukai anak kecil.

6. Penjaga Rumah atau Hewan Peliharaan

Sama halnya seperti menjaga anak, rumah dan hewan peliharaan adalah bisnis rumah ideal untuk remaja. Dengan hanya menjaga rumah dan merawat hewan peliharaan yang mudah dilakukan, Anda dapat mengantongi cukup uang tambahan. Menarik bukan? (Fitriana Monica Sari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini