Sukses

Menhub Pastikan Proyek LRT Palembang Kelar 2018

Saat ini pembangunan LRT Palembang sudah mencapai sekitar 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi akhir pekan ini mengunjungi Palembang. Dalam kunjungannya, Menhub meninjau beberapa moda transportasi dan pembangunan infrastrukturnya‎.

Pertama yang dikunjungi Menhub yaitu proyek Light Rail Transit (LRT) yang dibangun khusus untuk menyambut perhelatan olahraga se-Asia, Asian Games di Palembang pada 2018.

"Saya sangat mengapresiasi Walikota Palembang yang selain memikirkan Asian Games, juga memikirkan pembangunan LRT ini bisa menjadi jalur utama konektivitas di perkotaan dari bandara menuju tempat pertandingan," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Minggu (16/10/2016).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini menjelaskan, saat ini pembangunan LRT Palembang sudah mencapai sekitar 20 persen. Proyek pembangunan LRT Palembang dibangun dengan pembiayaan kombinasi antara APBN dan APBD.

"Anggarannya sendiri kira-kira Rp 12 triliun," jelas Menhub Budi.

Rencananya LRT ini akan menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Stadion Jaga Baring sejauh kurang lebih 23,5 kilometer. Budi menegaskan proyek ini harus selesai 2018.

"Semuanya harus selesai awal 2018 secara bersama-sama (LRT, bus air, rute kereta api menuju Universitas Sriwijaya) sebelum Asian Games," tegas Menhub.

Selain LRT, Menhub Budi juga meninjau bus air. Bus air ini akan melayani rute Benteng Kuto Besak (Jembatan Ampera) ke Pulau Kemaro.

"Palembang dapat menjadi model konektivitas transportasi karena karakteristik kota yang memiliki sungai, seperti di Samarinda, Banjarmasin dan sebagainya," ucap Budi.

Dia mengatakan proyek ini bisa menjadi suatu model bagaimana suatu kota mendahulukan pembangunan infrastruktur agar perkembangan kota bisa dikontrol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.