Sukses

8 Merek Paling Berpengaruh di Dunia

Bukan hanya mampu menjadi merek dengan cakupan global, merek ini juga mampu mendulang untung yang besar

Liputan6.com, Jakarta - Brand atau merek merupakan salah satu aspek penting yang menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Dengan adanya brand/merek akan meningkatkan daya saing dan sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu produk.

Bila berhasil membangun citra merek yang baik maka produk yang dijual pun dapat dijual dengan harga yang mahal. Hal itulah yang terjadi pada delapan merek dunia ini.

Bukan hanya mampu menjadi merek dengan cakupan global, merek ini juga mampu mendulang untung besar sehingga didapuk menjadi merek paling berpengaruh di dunia. Melansir TheRichest.com, Sabtu (27/8/2016) berikut ulasannya:

8. Disney
Berdiri pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Pusatnya terletak di Burbank, California. Nilai merek Disney mencapai US$ 39,5 miliar.

7. IBM
IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia. Tak heran apabila IBM memiliki nilai merek sebesar US$ 41,4 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toyota

6. Toyota
Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Selain memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan keuangan, dan juga membuat robot. Nilai yang mampu didulang Toyota mencapai US$ 42,1 miliar.

5. Facebook
Nilai merek Facebook berhasil menanjak 44 persen dari tahun lalu. Nilai merek Facebook diperkirakan mencapai US$ 58,6 miliar. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

3 dari 4 halaman

Coca Cola

4. Coca-Cola
Nilai merek Coca-Cola adalah US$ 58,5 miliar. Sementara pendapatannya mencapai US$ 21,9 miliar. Saking berpengaruhnya nama dagang Coca Cola, merek ini sering ditunjuk menjadi sponsor kejuaraan sepak bola Piala Dunia. Coca-Cola menjadi sponsor Piala Dunia hampir setiap tahun diselenggarakan Piala Dunia termasuk Piala Dunia FIFA 2010 dan Piala Dunia FIFA 2014.

3. Microsoft
Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia dengan nilai merek sebesar US$ 75,2 miliar.

4 dari 4 halaman

Google

2. Google
Peningkatan nilai merek Google mencapai 26 persen pada 2016. Nilai mereknya mencapai US$ 82 miliar. Sejak didirikan, perusahaan ini mampu tumbuh dengan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas, termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.

1. Apple
Merek teknologi ini mampu mendulang nilai merek mencapai US$ 154,1 miliar. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak di antaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, hingga telepon genggam iPhone. Perusahaan ini didirikan oleh Steve Jobs pada 1976. (Vna/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.