Sukses

INKA Bakal Pasok Kereta ke Sri Lanka

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Kereta Api (INKA) menyambut baik upaya Presiden Joko Widodo untuk menawarkan kereta buatannya langsung kepada Perdana Menteri Republik Demokratik Sri Lanka Ranil Wickramasinghe‎ beberapa waktu lalu.

General Manager Perencanaan dan Afffair INKA I Ketut Astika‎ menjelaskan selama ini perusahaannya memang ingin menyasar beberapa negara dimana Sri Lanka menjadi salah satunya. "Kita belum pernah suplai ke sana (Sri Lanka), tetapi kita sedang tender," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (8/8/2016).

Menurutnya, peluang memasok gerbong kereta ke negara tersebut sangatlah besar mengingat Sri Lanka merupakan salah satu negara yang sedang berkembang.

Namun menurut Ketut, melihat antusiasme Presiden Jokowi untuk mempercepat pemasokan kereta tersebut, akan lebih baik dalam pengadaannya melalui skema governance to governance (g to g). "‎Tapi kalau bisa didorong G to G kan jadi lebih afdol, sebagai bentuk dukungan pemerintah," tegas dia.

Selama ini, menurut Ketut, Tiongkok menjadi salah satu negara pesaing Indonesia dalam melakukan tender ke beberapa negara dalam rangka pengadaan kereta.

Meski begitu, INKA sebagai salah satu perusahaan plat merah meyakini juga lebih kompetitif jika harus bersaing. Terbukti dalam pengadaan kereta di Bangladesh INKA mengalahkan perusahaan Tiongkok dalam proses tendernya. (Yas/nrm)

Loading