Sukses

4 Tips Sukses Berbisnis ala Martha Tilaar

Martha Tilaar adalah pengusaha sukses asal Indonesia yang bergerak di bidang kosmetik dan jamu dengan merek dagang Sariayu.

Liputan6.com, Jakarta - Mampu menghidupi diri sendiri, keluarga hingga orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan dan pendidikan seluas-luasnya membuat Martha Tilaar menjadi salah satu ikon wanita inspiratif di Indonesia.

Wanita kelahiran Kebumen, 4 September 1937 itu berhasil menjadi pengusaha sukses yang bergerak di bidang kosmetik dan jamu dengan merek dagang Sariayu.

Dengan memadukan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia, ia mampu mengharumkan nama bangsa hingga level internasional.

Ibu dari empat orang anak ini memulai dan mengembangkan usahanya dalam bidang beauty, etnobotani dan medical antrophology yang memanfaatkan kekayaan alam Indonesia hingga bisa menjadi salah satu “bakul jamu” dan tokoh yang berpengaruh di Indonesia.

Dalam menjalankan bisnisnya, Martha Tilaar memiliki filosofi dan tips tersendiri dalam hidup untuk membuatnya tetap berada di jalur bisnis yang benar.

Filosofi hidupnya adalah Tri Hita Kirana yang berasal dari Bali, di mana jika usaha kita menggunakan tanaman, kita harus menanamnya kembali. Jika ingin sukses berbisnis kita harus berbagi.

Filosofi bagi kehidupan menjadi penting karena membantu kita untuk tetap berada di dalam jalur yang benar dan fokus pada visi awal kita, dan itu mengajarkan kita untuk bertanggungjawab terhadap apa yang kita kerjakan, jangan sampai apa yang kita kerjakan justru merugikan orang lain atau lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

Berikut beberapa tips sukses berbisnis ala Martha Tilaar:

1. Percaya diri

Ketika Anda ingin mengerjakan apapun dalam kehidupan, harus dimulai dengan yakin akan diri sendiri bahwa Anda bisa menggapai semua mimpi yang diinginkan tanpa menyalahkan diri sendiri, orang lain atau lingkungan.

Karena bukan mereka yang menjalani mimpi Anda melainkan Anda sendiri yang merangkai serta mewujudkan mimpi itu sendiri.

2. Starts More and Act Fast

Istilah “mencuri start” bisa menjadi suatu hal yang menguntungkan bagi siapapun yang bisa membarenginya dengan bergerak cepat karena kita bisa mendapatkan lebih banyak dari mereka yang bergerak lambat.

Namun, di sisi lain jika kita sudah bisa mencuri start lebih dulu dan tidak dibarengi dengan gerakan yang cepat sudah pasti Anda akan disusul oleh orang lain yang bergerak lebih cepat. Jadi dua hal ini harus dilakukan bersamaan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

3 dari 3 halaman

2

3. Semangat DJITU

Semangat Djitu yang sudah diturunkan dari generasi keluarga Martha Tilaar terbukti bisa membuat kita lebih fokus untuk sukses, semangat Djitu yang dimaksud adalah:
• Disiplin
• Jujur
• Iman/Inovatif
• Tekun/Fokus
Ulet/Hardwork

4. 3C (Connect, collaborate and to compete)

Ketika mengikuti World Islamic and Economy Forum di Kazakhstan, Martha mendapat pelajaran penting bahwa 3C ini perlu dimiliki seorang pebisnis.

Walaupun antara pebisnis satu dengan yang lain bersaing, tetap saja hubungan baik dan kolaborasi harus tetap dijaga untuk kelangsungan usaha Anda ke depannya.

“Jika ingin mengerjakan sesuatu, apapun itu kerjakanlah dengan ketulusan hati karena jika kita tulus mengerjakannya, Tuhan pasti akan memberikan keajaiban” – Martha Tilaar.

 

(Nabila)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.