Sukses

Keputusan The Fed Bayangi Harga Emas Pekan Ini

Keputusan The Fed akan memberikan pengaruh besar pada harga emas

Liputan6.com, Jakarta - Mata dunia kini tertuju pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang berlangsung pada pada 15-16 Desember waktu setempat. Dalam pertemuan tersebut, Dalam pertemuan tersebut, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) diyakini akanmenaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2006.

Mengutip MoneyMorning.com, Rabu (16/12/2015), keputusan tersebut akan memberikan pengaruh besar pada harga logam mulia. Harga emas diperkirakan diperdagangkan dalam kisaran sempit sampai The Fed mengumumkan keputusannya.

Dalam perdagangan sore, harga emas turun 0,8 persen menjadi US$ 1.065 per ounce. Pada sesi awal New York, harga emas turun sedikit US$ 1,2 atau 0,11 persen menjadi US$ 1.074 per ounce.

Pedagang logam mulia global berhati-hati menjelang pertemuan FOMC. Kenaikan suku bunga The Fed akan mengangkat dolar AS.

Hal tersebut akan membuat emas menjadi lebih mahal untuk pembeli asing yang membayar untuk logam mulia dengan mata uang lainnya. Hal ini membuat minat investor membeli emas berkurang sehingga akan menekan harga.

Kenaikan suku bunga juga membuat emas sulit untuk bersaing dengan aset lain seperti obligasi yang menawarkan bunga. Sepanjang tahun ini, harga emas telah jatuh lebih dari 10 persen.

"Sebagian besar investor menahan napas menunggu hasil keputusan Bank Sentral AS," jelas analis senior divisi Wealth Management di U.S. Bank, Seattle, AS, Rob Haworth dilansir dari Reuters.

Para pejabat di Bank Sentral AS sedang mengadakan rapat FOMC dalam dua hari ini. rencananya, Gubernur The Fed Janet Yellen akan mengumumkan hasil rapat tersebut pada 16 Desember pukul 2 siang waktu setempat.

Meskipun hasil rapat belum diumumkan, namun dari jauh-jauh hari sebelumnya beberapa pejabat The Fed sudah memberikan sinyal bahwa kemungkinan besar kenaikan suku bunga akan dilakukan di akhir tahun ini.

"Data-data yang ada telah mengarah bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga di tahun ini. Pertanyaannya, apa yang akan dilakukan setelahnya," tambah Haworth. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed