Sukses

Kepala BKPM Pastikan Tak Bertemu Bos Freeport Saat di AS

Kepala BPKM Franky Sibarani akan ikut dalam rombongan Presiden Jokowi saat melakukan lawatan ke AS.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani akan ikut dalam rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan lawatan ke Amerika Serikat (AS) pada 25-29 Oktober 2015.

Franky menjelaskan, ada serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di negeri Paman Sam tersebut, salah satunya yaitu pertemuan empat mata (one on one meeting) dengan para investor. Namun dia menegaskan, Freeport tidak ada dalam agenda one on one meeting tersebut.

"Dalam list saya enggak ada one on one meeting dengan Freeport," ujarnya di Kantor BKPM, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Franky menyatakan, hanya ada lima sektor yang masuk dalam jadwal pertemuan empat mata dengan BPKM, di antara sektor farmasi, makanan dan minuman, serta manufaktur.

"Mekanisme one on one sudah di-handle perwakilan BKPM di sana, sehingga pertemuan-pertemuan akan bisa memberikan menguatkan keputusan mereka untuk investasi. Dalam one on one meeting umumnya keputusan diambil, kalau pertemuan terbuka biasa enggak. One on one itu lebih dalam, dan investor secara teknis menggali regulasi seperti soal soal pajak, intensif yang sudah kita keluarkan ditanya," jelasnya.

Selain itu dalam lawatan ke AS tersebut, dirinya bersama rombongan juga akan menghadiri `Investment Summit` di Washington DC. Rencananya gelaran ini akan dihadiri 150 pengusaha dan pembicara dari kalangan menteri.

"Dalam Investment Summit yang akan dihadiri 150 lebih pengusaha dan pembicaranya dari beberapa menteri, termasuk beberapa perusahaan AS yang sudah beroperasi di Indonesia," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini