Sukses

Organda Siapkan Sistem Online untuk Pembelian Tiket Bus

Liputan6.com, Jakarta - Bus menjadi salah satu moda transportasi merakyat yang sampai saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Selain lebih murah, rute perjalanannya juga lebih bervariatif.

Namun dari tahun ke tahun, pengguna bus mulai menurun mengingat‎ mulai terjangkaunya tiket maskapai dan kereta api. Terlebih penurunan pengguna tersebut paling terasa saat mudik Lebaran.

Melihat kondisi itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) akan menciptakan inovasi baru dan pelayanannya demi menjaga para penumpangnya‎ agar tetap setia menjadi pengguna bus. Apa inovasi itu?.

Sekretaris Jenderal Organda, Ateng Aryono menyatakan pihaknya tengah menyusun pengembangan pelayanan pemesanan tiket bus antar kota antar provinsi dapat dilakukan secara online.

"‎Kita sedang bergerak ke sistem e-ticketing, saya pikir ini selaras dengan rencana pemerintah untuk menciptakan ketertiban terminal," kata Ateng saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (16/7/2015).

Dengan sistem e-ticketing tersebut diharapkan ke depan tidak ada lagi penumpukan penumpang di terminal yang hanya karena menunggu bus yang akan ditumpanginya. Sistem ini diakuinya juga akan memudahkan para calon penumpang bus.

Ateng mengaku pihaknya saat ini tengah mengusulkan rencana tersebut ke Kementerian Perhubungan dan pihak-pihak terkait termasuk para pemilik PO bus . Hal itu dikarenakan demi menciptakan sistem ini, Organda tidak dapat menjalankan sendiri.

"Kayak orang datang di bandara, ketika datang ada yang tunggu di sana, ada juga yang beli tiket go show di airport tapi itu tidak sebanyak yang beli lewat online," tegas dia.

Organda sendiri menargetkan pelaksanaan sistem e-ticketing untuk bus ini dapat diimplementasikan pada 2017 dengan melakukan pilot project di beberapa terminal bus besar di Indonesia. (Yas/Ahm)

Loading