Sukses

Pembebasan Lahan Bandara Kulon Progo Sudah Tuntas 90%

Kondisi Bandara Adisucipto sudah tidak layak, untuk itu perlu dipindahkan ke daerah Kulon Progo.

Liputan6.com, Bogor - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan mendukung penuh rencana Kementerian Perhubungan yang akan memindahkan Bandar Udara (Bandara) Internasional Adisucipto, Yogyakarta dan membangun bandara baru di wilayah Kulon Progo.

Dirinya mengatakan bahwa kondisi Bandara Adisucipto sudah tidak layak, untuk itu perlu dipindahkan ke daerah Kulon Progo. Bahkan menurut perpanjangan landasan Bandara Adisucipto tak mungkin dilakukan karena sekitarnya penuh pemukiman penduduk.

"Kulon Progo memang sudah ditentukan karena layak dan mengurangi kemacetan lalu lintas," kata dia saat ditemui usai membuka acara Executive Dialogue, dengan tema Peran Planner dalam perencanaan, implementasi dan pengendalian Tata Ruang, di Balaikota Bogor, Jumat (22/5/2015).

Dalam rencana bandara baru di Kulon Progo tersebut, lanjut dia, proses pembebasan lahan milik warga yang akan digunakan untuk pembangunan bandara sudah mencapai 90 persen.

"Memang ada beberapa yang masih bertahan namun keseluruhan pembebasan tanahnya malah sudah ada sekitar 90 persen," tegas dia.

Ferry menuturkan, memang beberapa waktu lalu sempat terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan warga Kulon Progo. Di mana warga meminta tambahan waktu dan harga tanah, agar sepakat.

Pembangunan bandara Kulon Progo rencananya akan menggantikan Bandara Adisucipto, merupakan bandara Internasional yang memiliki fasilitas terminal.

Bandara tersebut dibangun dengan luas  106.500 meter persegi dan dapat menampung sekitar 10 juta orang penumpang pertahun. Dan memiliki hanggar dengan  371.125 meter persegi yang dapat  menampung 28 unit pesawat itu selesai tahun 2019.

(Bima Firmansyah/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini