Sukses

Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Mulai Dibangun Mei

Rekayasa Industri telah menggandeng PT Pertamina Gas untuk membangun ruas pipa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menegaskan, PT Rekaya Industri (Persero) tetap menjadi kontraktor pembangunan ruas pipa Cirebon- Semarang.

Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, setelah melakukan rapat dengan Rekayasa Industri, pembangunan ruas pipa sepanjang 270 Kilo meter (Km) dengan diameter 28 inchi akan dimulai Juni.

" Pertimbangannya pipa itu dibutuhkan, Rekin (Rekayasa Industri) Mei- Juni diadakan ground breaking," kata Andy, di Kantor BPH Migas, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Rencananya, pembangunan ruas pipa Cirebon-Gresik akan selesai 2019. Rekayasa Industri telah menggandeng PT Pertamina Gas untuk membangun ruas pipa tersebut.

"Kerjasamanya kami serahkan ke Rekin 19 Maret, terima surat perjanjian kerjsama antara Reyasa Industri dan Pertagas, rencana gas on stream 2019," jelas Andy.

Pipa tersebut akan menyalurkan gas dari sumber gas di wilayah Jawa Timur ke Jawa Barat, dengan demikikan bisa menumbuhkan kawasan industri sepanjang jalur pipa tersebut.

"Kita begini prinsipnya mereka berpandangan ada gula ada semut artinya infrastruktur sudah terbangun gas ada, apakah dari FSRU dari lainnya demand lumayan ada PLN, industri," pungkasnya.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.