Sukses

5 Rekor Pembelian Rumah Termahal yang Dicetak Miliarder Dunia

Para miliarder tak ragu-ragu menggelontorkan uang dalam jumlah besar demi memperoleh rumah idaman.

Liputan6.com, New York Memiliki tempat hunian yang nyaman tentu menjadi mimpi banyak orang. Tak terkecuali, para orang terkaya di dunia versi majalah Forbes yang tak ragu-ragu menggelontorkan uang dalam jumlah besar demi memperoleh rumah idaman.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (8/3/2014), terdapat sejumlah miliarder global yang menandatangani kontrak pembelian rumah mewah di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Uniknya, pembeli tersebut tak semuanya datang dari AS, tapi juga dari luar negeri seperti Jepang dan Rusia.

Salah satunya adalah miliarder asal Jepang yang berani merogoh kocek hingga US$ 18,4 miliar demi mendapatkan rumah mewah yang diidamkannya di California, AS.

Berikut lima miliarder kelas dunia yang mencetak rekor pembelian rumah termahal:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Masayoshi Son


1. Masayoshi Son

Total kekayaan: US$ 18,4 miliar

Peringkat miliarder dunia: 42

Harga pembelian rumah: US$ 117,5 juta

Lokasi: Woodside, California

CEO Softbannk Jepang ini membeli sebuah rumah super mewah di California dari pimpinan perusahaan ekuitas swasta di San Francisco, Tully Friedman. Pembeliannya itu disebut-sebut terlalu mahal dari jumlah seharusnya. Namun rumaht tersebut memang besar dan berdiri di atas lahan seluas 9.000 kaki persegi.

 

3 dari 6 halaman

Roman Abramovich



2. Roman Abramovich

Total kekayaan: US$ 9,1 miliar

Peringkat miliarder dunia: 137

Harga pembelian rumah: US$ 75 juta

Lokasi: New York

Tahun lalu, pengusha super kaya asal Rusia, Abramovich membeli sebuah rumah di Central Park. Sejumlah sumber mengatakan, kontrak pembelian rumaht tersebut baru akan rampung dalam waktu dekat. Hal ini mengingat sang penjual hanya memiliki tiga unit bangunan dari lima yang tersedia di lokasi tempatnya membeli rumah.

 

4 dari 6 halaman

Michael Ashley



3. Michael Ashley

Total kekayaan: US$ 5,5 miliar

Peringkat miliarder dunia: 256

Harga pembelian rumah: US$ 30 juta

Lokasi: Miami Florida

Catatan rekor properti dunia mencatat Ashley membeli properti termahal di Miami. Rumah yang dibelinya berdiri di atas lahan seluas 17 ribu kaki persegi.

Rumahnya terdiri dari 8 kamar tidur, sembilan kamar mandi, dapur, bioskop, dan berbagai fasilitas lainnya. Rumahnya juga terletak di dekat pantai dan dia memiliki pelabuhan yang bisa memuat 2 kapal pesiar mahal.


 

5 dari 6 halaman

Zhang Xin


4. Zhang Xin


Total kekayaan: US$ 3,7 miliar

Peringkat miliarder dunia: 408

Harga pembelian rumah: US$ 26 juta

Lokasi: New York

CEO salah satu perusahaan properti terbesar di China, Zhang Xin tercatat membeli sebuah rumah mewah di New York. Sebelumnya dia juga membeli 40% saham di General Motors Building seharga US$ 700 juta.

Sementara rumah yang dibelinya bergaya arsitektur Italia, memiliki lima kamar, dan sebuah taman pribadi.

6 dari 6 halaman

Nicolas Berggruen


5. Nicolas Berggruen

Total kekayaan: US$ 2 miliar

Peringkat miliarder dunia: 869

Harga pembelian rumah: US$ 3,3 juta

Lokasi: West Hollywood, California

Pembelian ini cukup menyita perhatian mengingat sebelumnya Berggruen tidak pernah memiliki rumah. Dalam sepuluh tahun terakhir, dia selalu tinggal di hotel. Bahkan karena itu, dia dijuluki miliarder yang tak punya rumah.

Dua rumah yang dibelinya kini masih direnovasi dan dia masih tinggal di hotel sampat saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.