Sukses

Gegap Gempita Warga Bali Sambut Pawai Obor Asian Para Games 2018

Di Bali, sejumlah wilayah akan dikunjungi pawai obor Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Denpasar - Pawai obor Asian Para Games 2018 menyambangi Pulau Bali. Arakan pawai obor itu dimulai dari rumah dinas Gubernur Bali. Sejumlah pejabat hadir memberikan penghormatan dimulainya pawai obor Asian Para Games 2018.

Pawai obor Asian Para Games 2018 diserahkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari kepada Gubernur Bali, Wayan Koster. Selanjutnya, Koster menyerahkan kepada Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang kemudian diserahkan lagi kepada Menteri Sosial, Agus Gumiwang.

Oleh Agus Gumiwang, obor api abadi itu diserahkan kepada petugas yang akan membawa lari keliling Bali. Di pinggir jalan, sejumlah pelajar amat antusias menyaksikan pawai obor Asian Para Games 2018 ini.

Pada kesempatan itu, Raja Sapta Oktohari meminta dukungan kepada semua pihak agar penyelenggaraan Asian Para Games 2018 bisa berjalan lancar. Ia menjelaskan jika event empat tahunan itu telah siap untuk diselenggarakan. Segala hal yang berkaitan dengan kesiapan penyelenggaraan telah tuntas dan dipersiapkan dengan amat baik.

"Dapat kami sampaikan jika INAPGOC telah mempersiapkan dengan baik penyelenggaraan event ini. Kami dapat pastikan jika Asian Para Games 2018 telah siap untuk dimulai," kata Raja, Minggu (16/9/2018).

"Mohon dukungan semua pihak untuk kesuksesan event ini. Kita berharap event ini bisa lebih sukses dari dua event sebelumnya dan semoga atlet kita bisa meraih prestasi membanggakan," dia menambahkan.

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang berharap kesuksesan event ini akan membawa dampak positif bagi Indonesia di mata dunia internasional.

"Kalau kita bisa menyelenggarakan event ini dengan sebaik-baiknya, maka saya kira dunia internasional akan melihat kita sebagai negara yang mempunya standar bagus mengenai ranah disabilitas," katanya.

Di sisi lain, tentu menjadi kebanggaan apabila atlet Indonesia dapat meraih prestasi membanggakan pada ajang ini. "Banyak sekali manfaatnya bagi Indonesia, baik pelaksanaannya maupun sukses prestasi itu sendiri," dia menandaskan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Bagi Pulau Bali

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap Indonesia menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

"DPR memberikan dukungan penuh kepada panitia dalam bentuk anggaran maupun dukungan lainnya. Kami berharap Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan mencetak prestasi sebagaimana penyelenggaraan Asian Para Games sebelumnya," ujarnya.

Sementara Gubernur Bali Wayan Koster mengaku amat terhormat Indonesia dijadikan tuan rumah dan Bali menjadi lokasi dimulainya pawai obor Asian Para Games 2018. "Ini sejarah bagi Bali, kami dijadikan tuan rumah. Ini suatu kehormatan bagi Bali," tuturnya.

Ia berharap prestasi dan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sama suksesnya dengan event Asian Games yang juga diselenggarakan di Indonesia beberapa waktu lalu.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya pawai obor dari Bali ini akan membawa berkah berupa berhasilnya penyelenggaraan event ini di Indonesia dan akan mencetak prestasi dan meraih peringkat seperti Asian Games yang belum lama ini usai. Itu doa dan harapan kami," ujar Koster.

Usai dari Bali, pawai obor Asian Para Games akan dilanjutkan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018. Indonesia menjadi tuan rumah ketiga Asian Para Games 2018 setelah digelar kali pertama pada tahun 2010 di Guangzhou dan pada tahun 2014 di Incheon.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.