Sukses

5 Atlet Asing Paling Curi Perhatian Selama Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Upacara penutupan Asian Games 2018 kemarin (2/9/2018) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, menandai berakhirnya multievent olahraga antarnegara Asia itu.

Berbagai catatan sejarah terjadi di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Torehan sukses pun diraih para atlet yang mempersembahkan emas bagi negaranya.

Namun, sejak penyelenggaraan Asian Games 2018 dimulai, beberapa atlet asing mencuri perhatian. Hal itu tak lain karena nama besar dan fakta unik yang dimiliki sang atlet.

Prestasi kelas dunia atlet mendongkrak popularitas sehingga tak jarang menjadi sasaran foto bareng bagi para penggemar di tanah air. Di Asian Games 2018, prestasi sang atlet itu pun turut mentereng.

Berikut daftar 5 atlet yang paling mencuri perhatian seperti dilansir Antara:

2 dari 3 halaman

1. Rikako Ikee (Jepang)

1.  Rikako Ikee (Jepang)

Atlet renang putri Jepang, Rikako Ikee, mendominasi cabang olahraga aquatik selama Asian Games 2018 Jakarta- Palembang.

Total dia menyabet enam emas dan dua perak dari cabor renang Asian Games 2018. Atas prestasinya itu, Rikako pun dinobatkan sebagai atlet terbaik Asian Games 2018.

2. Son Heung Min (Korea Selatan)

Sejak kedatangannya ke Indonesia, Son Heung Min, menjadi magnet untuk Timnas Korea Selatan di Asian Games 2018. Bintang Tottenham Hotspur itu membawa misi khusus.

Son berniat merebut medali emas cabang olahraga sepak bola agar terbebas dari wajib militer di negaranya. Upayanya berhasil. Korsel mengalahkan Jepang 2-1 di final sepak bola Asian Games 2018, Son pun terbebas dari wamil.

3. Joseph Schooling (Singapura)

Singapura memiliki atlet kelas dunia dalam diri Joseph Schooling. Dia merupakan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 dari cabor renang.

Schooling langsung mencuri perhatian kala tiba di Jakarta. Selama Asian Games 2018, Schooling merebut dua medali emas dan dua perunggu.

3 dari 3 halaman

Jordan Clarkson (Filipina)

4. Jordan Clarkson (Filipina)

Sempat nyari bergabung dengan Timnas bola basket Filipina, Jordan Clarkson akhirnya tampil di Asian Games 2018. Clarkson merupakan pebasket klub NBA, Cleveland Cavaliers.

Clarkson memiliki darah Filipina dari sang nenek. Clarkson mengaku, tampil di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sangat berkesan baginya. Dia membantu Filipina finis di posisi kelima klasemen bola basket putra Asian Games 2018. 

5. Abudushalamu Abudurexiti (Tiongkok)

Timnas bola basket Tiongkok memiliki pemain yang menyita perhatian yakni, Abudushalamu Abudurexiti. Dia diketahui pebasket muslim dari suku Uighur.

Fakta itu cukup jarang ditemui dan Abudushalamu mampu menembus batas. Bahkan dia turut mengantarkan tim basket putra Tiongkok menyabet medali emas Asian Games 2018.

Loading