Sukses

4 Alumnus Piala Dunia Rusia yang Membawa Berkah Bagi Korsel di Asian Games 2018

Jakarta - Tidak sia-sia pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, membawa empat pemain jebolan Piala Dunia 2018 di Rusia. Dua dari empat pemain itu, berstatus pemain U-23, dan dua sisanya, berstatus pemain wild card (di atas 23 tahun).

Dua pemain yang masuk skuat U-23 adalah Hwang Hee-chan dan Lee Seung-woo. Sedangkan dua pemain wild card, adalah Son Heung-min dan Cho Hyun-woo.

Sejak kali pertama pelatih Kim Hak-bum mengungkap ia akan memboyong alumnus Piala Dunia 2018 ke Asian Games 2018, beberapa kalangan menilai ia terlalu lebay (berlebihan).

Pasalnya, meski setiap kontestan diizinkan dibantu tiga pemain senior, sejatinya Asian Games 2018 dibatasi untuk kelompok usia di bawah U-23.

Nyatanya, keberadaan empat pemain itu jadi tulang punggung tim sepanjang Asian Games 2018. Cho jadi andalan di bawah mistar gawang. 

Hwang dan Lee jadi pemain mengerikan di sayap kanan dan kiri, Son sebagai gelandang serang sekaligus kapten tim, ketiganya menompang satu lagi pemain wild card yang tampil tajam selama Asian Games 2018; Hwang Ui-jo.

Hwang Ui-jo, striker Gamba Osaka itu, keluar jadi top scorer Asian Games 2018 dengan sembilan gol.

Puncak kontribusi Cho, Lee, Son, dan Hee-chan terjadi pada partai final. Meladeni Timnas Jepang U-23 yang dihuni pemain U-21, the Taeguk Warriors dipaksa bermain hingga babak perpanjangan waktu.

Masuk sebagai pemain pengganti, Lee Seung-woo muncul sebagai "penyelamat" dengan gol yang dilesakannya pada menit ke-93.

2 dari 2 halaman

Tuah Manis

Gol itu membakar semangat rekan satu timnya. Secara khusus, itu jadi gol keempat penyerang milik Hellas Verona di Serie B Italia itu di Asian Games 2018.

Hanya berselang delapan menit kemudian, Timnas Korea Selatan U-23 menggandakan gol menjadi 2-0, lewat Hwang hee-chan.

Di sisi lain, janji Cho untuk menjaga gawangnya clean sheet pada laga final ini, tak terwujud. Kiper yang juga mencolok dengan penampilan kulit wajahnya yang terlihat putih bersih plus model serta warna rambut gaul itu, kebobolan satu gol Ayase Ueda pada menit ke-115.

Timnas Korea Selatan U-23 akhirnya mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 dan meraih medali emas Asian Games secara beruntun. 

Keberadaan empat pemain lulusan Piala Dunia 2018 di Timnas Korea Selatan U-23 itu pun tak sia-sia. Mereka menjadi tuah manis bagi raihan medali emas Asian Games 2018.

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Rebut Emas Asian Games, Son Ekspresikan Kebahagiaan Terbebas dari Wamil
Artikel Selanjutnya
Ekspresi Son Heung-min Lepas dari Belenggu Wajib Militer