Sukses

Jelang POTA 2018, Kenal Lebih Jauh I Gede Siman Lewat 3 Fakta Menarik Ini

Seperti apa diri I Gede Siman sebenarnya? Cari tahu, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Laki-laki itu bernama I Gede Siman Sudartawa. Dia adalah salah satu peraih emas dan pemecah rekor perenang tercepat dalam SEA Games 2017 cabang renang gaya punggung 50 meter. Siman mencatat waktu 25,20 detik.

Melihat prestasi Siman tersebut, maka tak mengherankan bila ia terpiliih jadi salah satu atlet renang Indonesia di Pesta Olahraga Terbesar Asia (POTA) 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus - 2 September 2018. Selama ini orang mengenal Siman lewat prestasinya, tetapi seperti apakah kehidupan sehari-hari pria ini? Yuk, kita simak tiga fakta menarik Siman berikut ini!

1. Tak suka air waktu kecil

Siapa sangka atlet renang ini tak menyukai air semasa kecilnya. Bahkan, ia tak pernah mau diajak mandi oleh ibunya.

Hingga akhirnya Siman iri melihat teman-temannya yang mahir berenang. Siman pun memutuskan untuk mencoba belajar berenang. Ternyata, dia menunjukkan performa yang bagus selama berlatih. Setelah enam bulan berlatih, Siman mulai ikut terlibat dalam kejuaraan renang.

2. 'Anak mami'

Meski sudah mengikuti berbagai kejuaraan di luar negeri, Siman tetap dekat dengan sang ibunda. Ibunya tak pernah berhenti memberi dukungan untuk karier sang anak.

Sejak kecil, Siman selalu diantar ibunya ke kolam renang untuk berlatih. Sang ibu pula yang mengantar ia pindah ke Jakarta pertama kali. Hingga kini, sang ibu tak pernah absen meneleponnya setiap hari.

3. Banyak prestasi

Tak sia-sia dulu Siman memutuskan untuk belajar renang. Kini, ia menjadi seorang atlet yang memiliki segudang prestasi membanggakan.

Dalam SEA Games 2011 di Palembang, Siman berhasil merebut empat medali emas dan memecahkan dua rekor SEA Games di nomor 100 meter gaya punggung putra. Selain itu, Siman juga pernah dipercaya menjadi pembawa bendera Merah Putih saat defile kontingen Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade London 2012, 27 Juli 2012.

Sekarang, Siman siap menambah prestasi melalui Pesta Olahraga Terbesar Asia (POTA) 2018. Ia rutin berlatih demi menjadi yang terbaik dalam ajang olahraga terbesar di Asia ini. Beruntung, Siman dijamin perlindungan asuransi, sehingga bisa benar-benar fokus berlatih dan mempersiapkan diri tanpa harus khawatir memikirkan apa yang terjadi jika jatuh sakit atau terkena cidera.

Dirinya bersama atlet Tim Indonesia dan officials yang ikut serta di Pesta Olahraga Terbesar Asia 2018 mendapat perlindungan dari asuransi AXA Mandiri. Perusahaan patungan antara Bani Mandiri dan AXA yang berasal dari Perancis itu akan memberi perlindungan asuransi kesehatan dan jiwa kepada seluruh atlet dan ofisial Tim Indoensia yang berlaga di Pesta Olahraga Terbesar Asia 2018.

 

 

(ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.