Sukses

Sambut Asian Games 2018, SUGBK Punya Teknologi Terbaru

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018. Apa saja yang sudah dipersiapkan?

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018. Indonesia sendiri memilih Palembang dan Jakarta sebagai lokasi sejumlah olahraga yang bakal tampil. Maka dari itu, berbagai hal telah dipersiapkan untuk mendukung pesta olahraga terbesar di Benua Asia tersebut.

Salah satu venue yang sedang bebenah ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Seperti dilansir Bola.com, Sabtu (28/10/2017), Kondisi terkini SUGBK telah mencapai 92,1 persen. Bahkan, lapangan dan trek atletik sudah 100 persen jadi.

Renovasi yang telah menghabiskan dana 799 Miliar itu mempunyai fasilitas dan teknologi terbaru untuk melengkapi stadion tersebut.

Pejabat pelaksana komitmen SUBK, Kisworo Darpito, mengatakan SUGBK sedang mengerjakan penguatan atap. Selain itu, stadion akan memiliki CCTV yang mampu mendeteksi wajah.

“SUGBK menyematkan teknologi dalam CCTV yang mampu mengenalkan wajah. Nantinya, CCTV itu akan mengetahui apabila seseorang terlihat membahayakan,” imbuh Kisworo Darpito.

Tak hanya teknologi CCTV, lanjut Kisworo , SUGBK akan diterangi lampu yang terbesar didunia. Dan hanya dimiliki oleh stadion tersebut. Lighting itu akan terkoneksi langsung dengan sound system SUGBK.

Untuk tribun VVIP, Ia melanjutkan, akan dilengkapi dengan kaca anti peluru. Fungsinya untuk melindungi tamu yang hadir saat menonton pertandingan. Kaca ini diklaim tahan peluru hingga kaliber 7.62 MM dan Diimpor langsung dari Jepang.

Di samping itu, bagi penyandang disabilitas, SUGBK akan menyediakan toilet khusus. Untuk rumput lapangan, SUGBK telah menggunakan rumput dengan standart FIFA. Berjenis Zoy Matrella, rumput ini mempunyai ciri yang runcing, warna hijau pekat dan akar yang kuat. Untuk trek atletik, SUGBK sudah full sintesis dan merupakan kelas satu pada kelasnya.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.