Sukses

4 Pilar Bangun Perekonomian versi Presiden Chili

Presiden Chili, Sebastian Pinera menjelaskan, terdapat empat pilar penting dalam membangun pertumbuhan ekonomi suatu negara. Empat pilar tersebut telah diterapkan dalam pemerintahannya selama menjabat sebagai Presiden.

"Ada empat pilar yang dijalankan pemerintahan saya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara APEC CEO Summit 2013 di BICC, Nusa Dua, Bali, Minggu (6/10/2013).

Empat pilar esensial antara lain:  Pertama,  peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan yang memadai. Pinera sangat yakin, pendidikan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Kedua, peningkatan inovasi dan kewirausahaan. Pemerintah harus bisa memberikan pengetahuan yang cukup bagi masyarakat yang ingin membuka usaha baru.

"Yang terjadi saat ini justru sebaliknya, banyak kebijakan pemerintah yang tidak mendorong inovasi dan jiwa wirausaha masyarakatnya," tutur presiden yang masa jabatannya akan habis dalam waktu enam bulan tersebut.

Ketiga, penggandaan investasi di bidang teknologi. Menurut Sebastian,  saat ini zaman dan pola pikir masyarakat sudah semakin berkembang. Faktor tersebut yang membuat investasi teknologi perlu terus ditingkatkan.

Terakhir yang menjadi pilar keempat adalah pengentasan kemiskinan. Pinera memandang, kemiskinan sebagai salah satu kendala yang dapat menghambat peningkatan pertumbuhan ekonomi negara.

"Empat pilar tersebut merupakan sasaran pemerintah Chili. Jika keempatnya bisa dikuatkan, maka Chili bisa masuk bergabung dengan kelompom negara yang mampu memadukan demokrasi dan pertumbuhan ekonomi," kata Pinera. (Sis/Amh)

Loading