Unik, Kawah Gunung Berapi Jadi Lapangan Sepak Bola

Kawah gunung berapi bukanlah tempat yang jelas untuk pertandingan sepak bola, tapi di situlah wasit meniup peluit untuk kick-off setiap akhir pekan di pinggiran Mexico City.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 13 Jul 2023, 13:05 WIB
Kawah Gunung Teoca Dijadikan Lapangan Sepak Bola
Kawah gunung berapi bukanlah tempat yang jelas untuk pertandingan sepak bola, tapi di situlah wasit meniup peluit untuk kick-off setiap akhir pekan di pinggiran Mexico City.
Pemandangan lapangan sepak bola di kawah gunung berapi Teoca di kota Santa Cecilia Tepetlapa, di pinggiran Mexico City, diambil pada 9 Juli 2023. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Kawah gunung berapi bukanlah tempat yang lazim untuk pertandingan sepak bola, namun di sanalah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan setiap akhir pekan di pinggiran Mexico City. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Gunung berapi Teoca yang sudah tidak aktif menjulang sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut di distrik Xochimilco, sebuah paru-paru hijau di bagian tenggara kota besar ini. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Sekitar 10 tim yang tergabung dalam liga amatir bermain di kawahnya pada akhir pekan. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Area ini dulunya merupakan pusat upacara, namun setelah tidak digunakan lagi, tempat ini diubah menjadi tempat bermain sepak bola. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
"Lapangan ini mungkin sudah berusia sekitar 70 tahun," kata perwakilan liga, Joel Becerril. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Saat fajar, kabut tebal menyelimuti lapangan sepak bola, namun berangsur-angsur hilang saat matahari terbit. (CLAUDIO CRUZ / AFP)
Satu jalan mencapai puncak, serta jalur pendakian sepanjang 18 km mendaki lereng hutan gunung berapi. (CLAUDIO CRUZ / AFP)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya