Arab Saudi Rayakan Idul Adha Hari Ini, Singapura hingga Moroko Bareng Indonesia 29 Juni

Hari Raya Idul Adha di Indonesia jatuh pada Kamis 29 Juni 2023 setelah diputuskan lewat sidang isbat pada Ahad 18 Juni.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 28 Jun 2023, 12:01 WIB
Kambing diberi makan di pasar ternak menjelang Idul Adha di New Delhi, India, Selasa, 5 Juli 2022. Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha, atau "Hari Raya Kurban," yang memperingati kisah Al Quran tentang kesediaan Nabi Ibrahim mengorbankan anaknya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. (AP Photo/Altaf Qadri)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa 1 Dzulhijah 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Selasa 20 Juni 2023, dengan demikian Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni setelah diputuskan lewat sidang isbat pada Ahad 18 Juni lalu. 

Selain Indonesia, sejumlah negara seperti Bangladesh, Pakistan, Jepang, Malaysia, Kanada, Singapura dan India juga merayakan Idul Adha pada tanggal yang sama, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu (28/6/2023). 

Sementara berdasarkan Saudi Press Agency, Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa negara kerajaan tersebut merayakan lebih awal yakni pada Rabu 28 Juni 2023. 

Tradisi Idul Adha mungkin saja berbeda bagi setiap negara, tetapi satu hal yang pasti akan dilakukan seluruh umat Muslim di dunia adalah sholat id di pagi hari. 

Kemudian, perayaan Idul Adha dilanjutkan penyembelihan hewan kurban, bisa berupa domba, kambing atau sapi, dan berlanjut dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga sambil makan bersama. 

2 dari 2 halaman

Tradisi Idul Adha di Sejumlah Negara

Umat Muslim di kawasan Jatinegara dan sekitarnya melaksanakan sholat Idul Adha 1436 H, Jakarta, Kamis (24/9/2015). Ruas Jalan Jatinegara Barat disulap menjadi tempat pelaksanaan salat. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. 

Misalnya saja wilayah Yaman hingga Suriah, yang identik menyediakan manisan tradisional di hari raya tersebut. 

Sementara bagi umat muslim di Pakistan, Afghanistan dan sekitarnya, para wanita muslim baik gadis hingga lansia biasanya menghiasi tangan mereka dengan inai menjelang perayaan Idul Adha.

Berbeda lagi dengan masyarakat muslim di wilayah Afrika, di Pantai Gading hingga Kenya misalnya, yang menyembelih hewan ternak di depan umum dan menjadi tontonan bagi banyak orang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya