70 Tas Mewah Istrinya Disita KPK, Rafael Alun Trisambodo Sebut Cuma 10 yang Asli

Tas mewah milik istri Rafael Alun Trisambodo tersebut akan didalami tim penyidik KPK dalam pemeriksaan Rafael Alun sebagai tersangka penerimaan gratifikasi pemeriksaan perpajakan.

oleh Henry diperbarui 03 Apr 2023, 16:30 WIB
Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek. foto: Instagram @azazeldiablos

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada 70 buah tas mewah yang ditemukan saat menggeledah kediaman mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo. Kepemilikan tas mewah tersebut akan didalami tim penyidik lembaga antirasuah dalam pemeriksaan Rafael Alun sebagai tersangka penerimaan gratifikasi pemeriksaan perpajakan.

Rafael Alun diperiksa KPK hari ini, Senin (3/4/2023). Setelah kasus penganiayaan yang dilakukan sang putra, Mario Dandy, gaya hidup keluarga Rafael Alun Trisambodo hingga kini kerap menjadi sorotan.

Situasi itu membuat masyarakat mempertanyakan harta yang dimiliki Rafael. Sejumlah koleksi tas mewah milik istrinya, Ernie Meike Torondek, langsung disita KPK. Namun, dari pihak Rafael Alun membuat pernyataan bahwa tas mewah itu bukan barang asli.

Ayah dari Mario Dandy ini mengatakan, dari 70 tas yang disita KPK, hanya sekitar 8--10 yang asli. Sementara, sisanya adalah barang tiruan alias tas KW.

"Dari 70 tas yang disita KPK, itu mungkin paling banyak hanya 8--10 tas yang asli, sisanya semuanya KW," kata Rafael dilansir dari unggahan akun Instagram @allartis.

Rafael Alun menambahkan bahwa kebenaran ucapannya itu biar nanti pihak KPK yang memeriksa keaslian tas-tas mewah milik istrinya tersebut. "Nanti biarkan pihak KPK yang mungkin bisa melihat itu, apakah itu asli atau tidak," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Jawaban Rafael Alun Hasil Kerja Kelompok

Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo saat wawancara khusus dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023). Rafael berbicara soal kasus yang tengah membelitnya di KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Unggahan tersebut langsung jadi sorotan. Beberapa warganet tidak percaya tas mewah tersebut hanyalah barang tiruan semata. Sementara, beberapa warganet lain bingung, mengapa sang istri memilih membeli tas KW.

Pasalnya sang istri kerap memamerkannya di media sosial dan itu justru akan mempermalukannya karena tasnya tidak asli. "Beli tas KW? pasti malu lah sama circlenya, bedanya asli KW aja kelihatan banget," komentar seorang warganet.

"Orang pajak sekelas anda aja melanggar hak cipta merk2 asli ...gmn sih pak,” tanya warganet lainnya.

"Koq jawabanya jadi sama tas KW.. mungkin hasil belajar kelompok,” komentar warganet lainnya menyinggung pernyataa Sekda Riau SF Hariyanto yang baru-baru ini juga mengaku koleksi tas mewah milik istrinya adalah barang KW.

Pengakuan Rafael ini seakan bertolak belakang dengan foto yang beredar. Di media sosial, beredar foto istri Rafael ketika berjalan-jalan di Paris dan berpose di depan toko barang branded.

Dilansir dari unggahan Instagram @azazeldiablos, Ernie Meike terlihat berpose di depan toko Goyard dan Gucci sambil menenteng goodie bag dari brand tersebut. Bahkan, ada pula foto unggahan ibunda Mario Dandy yang memamerkan koleksi tas mewahnya dari brand Dior.

 

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Penahanan Rafael Alun

Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek.  foto: Instagram @azazeldiablos

"Ke Paris cuman beli Goodiebagnya aja. Isinya KW kok," tulis keterangan unggahan akun tersebut pada Sabtu, 1 April 2023, seakan menyindir pernyataan Rafael Alun tentang tas KW milik istrinya.

Sebelumnya, KPK memastikan akan menahan Rafael Alun Trisambodo.Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penahanan terhadap Rafael Alun berdasarkan kebutuhan tim penyidik. Menurut Ali, tim penyidik yang akan menentukan Rafael Alun langsung ditahan atau tidak usai diperiksa sebagai tersangka hari ini, Senin (3/4/2023).

"Tentu nanti tim penyidik KPK setelah melakukan pemeriksaan akan menganalisis lebih lanjut apakah ada keperluan untuk dilakukan penahanan terhadap tersangka ini," ujar Ali di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023). Meski begitu Ali memastikan setiap pihak yang sudah dijerat sebagai tersangka pasti akan ditahan oleh tim penyidik.

Di sisi lain, tangis istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek, saat tampil di salah satu situs berita menjadi bahan pembicaraan warganet.Istri Rafael Alun ini terlihat tidak dapat menahan tangis ketika meminta maaf kepada keluarga David Ozora atas kelakuan anaknya, yaitu Mario Dandy.

4 dari 4 halaman

Tangis Istri Rafael Alun

Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo yang juga ayah Mario Dandy usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (1/3/2023). Harta kekayaan Rafael pun menjadi sorotoan. Dalam data LHKPN di situs resmi KPK, ia tercatat memiliki kekayaan Rp 56,1 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ernie bercerita, dirinya sempat berkunjung ke rumah sakit untuk dapat bertemu dengan David dan meminta maaf kepada keluarganya.

"Ketika dari Polres saya langsung ke rumah sakit dan ketemu dengan orang tua David," kata Ernie Meike Torondek dilansir kanal YouTube Metro TV, Senin (3/4/2023), mengutip kanal Tekno Liputan6.com. Sesampainya di rumah sakit, Ernie bertemu dengan orangtua David Ozora dan sempat meminta izin untuk menjenguk David.

"Oh tidak bisa, tidak bisa dijenguk," kata istri Rafael Alun Trisambodo saat bertemu dengan Jonathan Latumahina ayah dari David Ozora sembari menitikan air mata. Selain meminta izin untuk menjenguk David, Ernie juga mengatakan meminta maaf atas kelakuan dari Mario Dandy.

Sontak, unggahan cuplikan video Ernie Meike Torondek di Twitter MetroTV ini langsung menuai beragam komentar warganet. Sejumlah warga Twitter meragukan tangisan istri Rafael Alun Trisambodo saat meminta maaf tidak terlihat tulus, lainnya mengatakan dia hanyalah akting.

"Air mata buaya.. Tp wajahnya mirip mamanya artis Marcella Zalianty kl lg acting gt..," komentar seorang warganet. "Tidak semua bisa dibeli pakai Uang ...catett," komentar warganet lainnya.

 

Infografis rincian harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Dok. Instagram @liputan6)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya