Ketua Tanfidziyah PBNU Apresiasi Kunjungan Puan ke Masjid Syeikh Zayed Solo

Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mengapresiasi kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu 19 November 2022.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 22 Nov 2022, 04:05 WIB
Ketua DPR RI disambut hangat para kader Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mengapresiasi kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu 19 November 2022.

Dalam kunjungannya ke Masjid pemberian Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) itu, Puan berharap masjid tersebut dapat menjadi pusat penyebaran Islam rahmatan lil alamin, atau Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.

Gus Falah menyatakan, kunjungan Puan merupakan kedatangan seorang Muslimah ke tempat ibadah agamanya.

"Dan mbak Puan pun berbangga, bahwa tempat beribadah umat Muslim yang beliau datangi itu tak hanya menjadi wahana untuk membina hubungan manusia dengan Allah SWT atau hablum minallah, tapi juga menjadi sarana membangun hubungan antar manusia atau hablum minannas," ujar Gus Falah dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Gus Falah mengungkapkan, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo itu memiliki perpustakaan berisi kitab-kitab dan buku-buku tentang Islam sebagai agama yang ramah dan penuh cinta kasih.

Perpustakaan ini bisa menangkal radikalisme dan ekstrimisme yang menjangkiti sebagian kecil umat Islam, sehingga juga mampu memperbaiki serta memajukan peradaban Islam.

"Dan, dukungan Mbak Puan terhadap Masjid tersebut sebagai pusat penyebaran Islam rahmatan lil alamin adalah wujud dari rasa bangga beliau terhadap potensi besar Masjid Sheikh Zayed dalam membangun peradaban Islam yang ramah dan penuh cinta kasih," kata Gus Falah.

Gus Falah pun memuji UEA yang semakin gencar mempromosikan Islam moderat dan ramah di dunia. Bahkan, dia menyebut di dalam negeri UEA juga menerapkan kebijakan moderat, seperti pencabutan aturan yang mendukung aksi pembunuhan demi kehormatan keluarga.

"Karena itu, pada Juli lalu PBNU dan pemerintah Uni Emirat Arab juga sudah meneken nota kesepahaman terkait pendirian sekolah masa depan di bawah Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Ini juga bagian dari upaya membangun peradaban Islam yang ramah dan penuh cinta kasih," ungkap Gus Falah.

 

2 dari 2 halaman

Diresmikan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Senin.

Presiden Jokowi bersama Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sekitar pukul 07.25 WIB dan langsung masuk ke dalam masjid melaksanakan shalat.

Presiden Jokowi bersama Presiden UEA kemudian keluar masjid untuk melakukan penanaman pohon di halaman masjid.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya