ABBA Rombak Susunan Pengurus, Mahendra Agakhan Thohir Jadi Komisaris

PT Mahaka Media Tbk (ABBA) mengubah susunan direksi dan komisaris pada RUPST perseroan, Senin, 27 Juni 2022.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 27 Jun 2022, 18:58 WIB
Pekerja tengah melintas di layar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/11/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada zona merah pada perdagangan saham awal pekan ini IHSG ditutup melemah 5,72 poin atau 0,09 persen ke posisi 6.122,62. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Mahaka Media Tbk (ABBA) merombak susunan pengurus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin, 27 Juni 2022.

Hasil RUPST PT Mahaka Media Tbk mengangkat Farash Farich sebagai direktur utama perseroan yang memiliki pengalaman luas di pasar modal dan keuangan. Mahaka Media juga angkat Vincentius Dicky Haryanto sebagai direktur yang sebelumnya bekerja di Google Indonesia sebagai Industry Manager (e-commerce) dan strategic parthership development manager.

Perseroan juga menunjuk Aliya Tjakraamidjaja sebagai Chief Operating Officer. Ia merupakan Co-Founder/COO di Tinkerlust dan Co-Founder/sales and external partnership director di Stellar Women.

Perseroan juga menunjuk anggota dewan komisaris yang terdiri dari Mahendra Agakhan Thohir sebagai Komisaris Utama, Rudi Laksmana dan Martin Suharlie sebagai Komisaris, Angkie Yudistia dan Aldo Rambie sebagai Komisaris Independen.

Perseroan menyatakan, komposisi anggota dewan komisaris ini merepresentasikan stakeholders yang lebih luas dengan perwakilan dari founders, manajemen senior, wanita dan industri teknologi. Dengan latar belakang tim manajemen yang beragam ini dapat saling melengkapi dan memastikan strategi bisnis baru bisa terlaksana dan menghasilkan value yang optimal bagi pemegang saham perusahaan.

"Teknologi dan digital adalah dua kata yang akan menentukan perkembangan lanskap media di masa depan. Kami percaya bahwa inisiatif dan strategi bisnis media teknologi dapat memberikan performa finansial yang unggul bagi perusahaan dan pemegang saham kami,” ujar Direktur Utama Mahaka X, Farash Farich.

Ia menuturkan, dengan strategi bisnis baru ini, perseroan juga melihat adanya peluang bisnis untuk mengembangkan ekonomi kreator Indonesia. "Kami yakin bahwa unit bisnis baru di Mahaka X dapat mendorong pertumbuhan perusahaan di masa depan,” ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rebranding Jadi Mahaka X

Seorang pria mengambil gambar layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Seiring berjalannya perdangan, penguatan IHSG terus bertambah tebal hingga nyaris mencapai 1,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Mahaka Media Tbk melakukan rebranding menjadi Mahaka X yang akan implementasikan strategi baru yang fokus pada media dan teknologi digital melalui empat pilar. Hal itu antara lain content dan publisher, layanan marketing, creator dan komunitas serta conversational dan commerce.

Bertepatan dengan rebranding, perusahaan akan berfokus pada dua program utama. Pertama, perusahaan akan meluncurkan inisiatif teknologi baru untuk unit bisnis yang sudah ada, yakni memperkuat brand Republika dan menawarkan solusi baru bagi komunitas Muslim dengan meluncurkan inovasi platform muslim, Inaya.

Kedua, perusahaan juga akan berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekosistem ekonomi kreator Indonesia. Melalui unit bisnis baru yang bertujuan untuk memberdayakan content creator dengan cara membantu para kreator menciptakan konten kreatif berkualitas, meningkatkan infrastruktur bisnisnya dan membuka jalur monetisasi.

Dengan demikian, perusahaan dapat memberikan solusi pemasaran digital marketing dan public relations yang lebih lengkap untuk perusahaan partner. Transformasi bisnis juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lain dalam Grup Mahaka.

Seperti transformasi yang dilakukan oleh PT Mahaka Radio Tbk (MARI) dari bisnis radio tradisional menjadi digital audio powerhouse.

Hal ini juga akan mendorong nilai yang dihasilkan dari sinergi Grup bagi Mahaka X menjadi lebih optimal. Disamping itu, Mahaka X berupaya untuk terus menciptakan inisiatif lain bersama para pemegang saham barunya yang berinvestasi melalui rights issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) pada Februari 2022

3 dari 4 halaman

IHSG Melemah 0,38 Persen pada Senin 27 Juni 2022

Papan elektronik menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pada penutupan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 0,95 persen ke level 5.979,07. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona merah pada penutupan perdagangan Senin, (27/6/2022). Namun, koreksi IHSG terbatas dan investor asing melakukan aksi jual saham signifikan.

Pada penutupan perdagangan, mengutip data RTI, IHSG melemah 0,38 persen ke posisi 7.016,05. Indeks LQ45 susut 0,81 persen ke posisi 1.010,73. Sebagian besar indeks acuan tertekan. Pada awal pekan ini, IHSG berada di level tertinggi 7.070,51 dan terendah 6.973,65. Sebanyak 262 saham melemah dan 249 saham menguat. 173 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan 1.202.757 kali dengan volume perdagangan 21,5 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 12,5 triliun. Investor asing melakukan aksi jual saham Rp 1,08 triliun di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah di kisaran 14.808.

Sebagian besar sektor saham menghijau. Indeks sektor saham IDXtransportasi menguat 5 persen, dan catat penguatan terbesar. Diikuti indeks sektor saham IDXinfrastruktur mendaki 0,84 persen, indeks sektor saham IDXindustry menanjak 0,71 persen, indeks sektor saham IDXnonsiklikal bertambah 0,39 persen, dan indeks sektor saham IDXproperty menguat 0,31 persen.

Sebelumnya, Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana menuturkan, IHSG bergerak melemah di tengah bursa saham global yang menguat. Pihaknya perkirakan, koreksi IHSG dipengaruhi pergerakan harga komoditas terutama batu bara dan nikel yang terkoreksi cukup dalam.

"Kalau kita cermati yang membebani IHSG dari IDXenergy,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, dari sisi teknikal, pergerakan IHSG masih tertahan cluster moving average (MA) 20 dan MA60. “Jadi belum kuat untuk break di 7.060-7.080,” kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Bursa Saham Asia Menguat pada 27 Juni 2022

Karyawan melihat layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sebanyak 111 saham menguat, 372 tertekan, dan 124 lainnya flat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, bursa saham Asia menguat pada perdagangan Senin, 27 Juni 2022. Penguatan bursa saham Asia terjadi di tengah investor cermati data inflasi dan resesi.

Di Hong Kong, indeks Hang Seng memimpin penguatan. Indeks Hang Seng melonjak 2,35 persen ke posisi 22.229,52. Indeks Hang Seng teknologi menguat 4,71 persen. Saham Alibaba yang tercatat di Hong Kong bertambah 3,69 persen, dan saham Meituan menguat 3,48 persen.

Bursa saham China juga menguat. Indeks Hang Seng menguat 0,88 persen ke posisi 3.379,19. Indeks Shenzhen bertambah 1,1 persen menjadi 12.825,57. Di Jepang, indeks Nikkei naik 1,43 persen ke posisi 26.871,27. Sementara itu, indeks Topix bertambah 1,1 persen ke posisi 1.887,42. Indeks Australia ASX 200 menguat hampir dua persen ke posisi 6.706.

Indeks Korea Selatan Kospi naik 1,49 persen ke posisi 2.401,92. Indeks Kosdaq bertambah 2,71 persen ke posisi 770,6. Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 1,72 persen.

“Ini hanya menyoroti fakta pasar akan sangat fluktuatif sampai kita melewati puncak inflasi dan prospek bank sentral menjadi hawkish seperti mereka,” ujar Global Market Strategist JPMorgan Asset Management, Kerry Craig seperti dikutip dari CNBC.

Ia menambahkan, pasar cenderung bergejolak karena banyak bank sentral di negara maju memasuki siklus baru untuk kenaikan suku bunga. “Saat Anda memiliki kejelasan tentang jalan itu ke depan, anda mulai fokus kembali pada dasar-dasarnya,” ujar dia.

Indeks dolar AS berada di posisi 103,850. Yen Jepang diperdagangkan di kisaran 135,04 per dolar AS. Dolar Australia berada di posisi 0,6935. Harga minyak pada jam perdagangan di Asia cenderung sedikit berubah. Harga minyak Amerika Serikat mendatar di posisi USD 107,61 per barel. Sementara itu, harga minyak Brent menguat 0,19 persen ke posisi USD 113,33 per barel.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya