Kesiapan Kebun Binatang Bandung di Masa Libur Lebaran 2022

Kebun Binatang Bandung telah mempersiapkan beragam hal untuk menyambut wisatawan di masa libur Lebaran 2022.

oleh Putu Elmira diperbarui 04 Mei 2022, 12:02 WIB
Kebun Binatang Bandung (Liputan6.com/Natalia Adinda)

Liputan6.com, Jakarta - Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung menjadi salah satu destinasi wisata edukatif yang banyak menjadi pilihan masyarakat. Menyambut libur Lebaran 2022, pihaknya telah menyiapkan beragam hal untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Marketing Komunikasi Bandung Zoo Sulhan Syafi'i menjelaskan Kebun Binatang Bandung melaksanakan beberapa renovasi sarana dan prasarana, mulai dari pengecatan hingga perbaikan kandang agar semakin terjaga keamanannya. Pengecatan telah dilakukan pada pekan lalu.

"Tidak hanya itu, kami juga melakukan perbaikan untuk kolam perahu yang sudah dua tahun ditutup karena pandemi. Kemarin ini, ada pengerukan dan kita gali lumpur-lumpurnya sampai beres dan perahu sekaligus sepeda air sudah bisa digunakan kembali," katanya kepada Liputan6.com, baru-baru ini.

Kebun Binatang Bandung juga membangun beberapa fasilitas baru, salah satunya pembuatan tempat untuk pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman. Pihaknya juga menjalankan pemetaan kawasan hutan pinus.

"Di sana ada penyewaan tempat alas duduk karena terkenal dengan botramnya. Jadi, pengunjung bisa melakukan outbond di kawasan kurang lebih 14 hektar ini," lanjutnya.

Bandung Zoo memprediksi puncak kunjungan di akhir pekan dengan kapasitas maksimal sekitar 8.000 pengunjung setiap harinya. Penerapan protokol kesehatan juga akan tetap dilakukan guna mencegah transmisi Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tiket Masuk

Kebun Binatang Bandung (Liputan6.com/Natalia Adinda)

Pengunjung yang ingin berwisata ke Kebun Binatang Bandung dapat langsung membeli tiket on the spot di loket tiket yang tersedia depan gerbang. Harga tiket masuk sebesar Rp50 ribu per orang dan untuk anak dengan tinggi badan 80 cm ke atas akan tetap dikenakan biaya tiket masuk.

Sulhan mengatakan, pihak Kebun Binatang Bandung dapat memastikan daya tampung pengunjung agar tidak melebihi kapasitas. Mereka menghitung tiket yang sudah terjual dengan sistem online.

"Karena sistem online itu, kami jadi bisa tahu yang masuk satu per satu secara real time. Di gelang tiketnya sendiri ada barcode yang bisa di scan untuk masuknya," ungkapnya.

Kebun binatang yang sudah terverifikasi CHSE itu berupaya memiliki jam operasional yang lebih maju dari biasanya di atas jam 10.00 dengan batas pengunjung masuk jam 16.00 dan tutup pukul 17.00 WIB.

Pengunjung yang membawa kendaraan, baik mobil maupun motor disediakan lahan parkir. Kawasan kebun binatang memiliki tempat parkir yang luas di beberapa titik lahan seperti di depan Bandung Zoo, Sabuga, Babakan Siliwangi, dan di depan ITB.

3 dari 4 halaman

Aturan hingga Protokol Kesehatan

Kebun Binatang Bandung (Liputan6.com/Natalia Adinda)

Untuk pengunjung yang membawa rombongan, bisa memesan tour guide agar tidak tersasar selama perjalanan. Selain itu, ada juga fasilitas golf car yang bisa dipesan dengan harga Rp250 ribu per delapan orang.

Kebun Binatang Bandung menerapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pengunjung. Selain menggunakan masker, pengunjung juga harus berjaga jarak selama melihat beberapa hewan di dalamnya.

"Nah, kami juga ada pengeras suara yang nanti selalu diumumkan untuk mohon mematuhi semua aturan yang ada. Mulai dari protokol kesehatan dan larangan untuk membuang sampah sembarangan sekaligus tidak diperbolehkan merokok di sembarang tempat. Kita juga menegaskan peraturan itu," ujar Sulhan.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk memberi pakan hewan dengan makanan sembarangan dari luar. Pengunjung akan tetap dapat memberikan makanan kepada hewan dengan membeli pakan yang sudah disediakan.

"Patuhi semua aturannya karena kita sudah memberikan spanduk informasi seperti jangan memberi pakan satwa sembarangan juga. Kita sudah siapkan kok pakannya yang khusus dan benar," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Masa Libur Lebaran

Kebun Binatang Bandung (Liputan6.com/Natalia Adinda)

Masa libur Lebaran kerap digunakan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Setelah saling silaturahmi, mengunjungi destinasi wisata tak jarang jadi opsi yang dipilih, termasuk untuk berwisata ke kebun binatang.

Sulhan berharap, pengunjung yang sudah lama tidak datang, dipersilakan untuk datang kembali karena ada beragam renovasi yang telah dilakukan oleh pihaknya demi meningkatkan kenyamanan. Selain itu, beberapa satwa telah dilengkapkan.

Ia menambahkan, bagi pengunjung yang datang di masa libur Lebaran, diharapkan untuk membuang sampah di tempat yang seharusnya. Kebun Binatang Bandung juga memiliki pengelolaan sampah tersendiri sejak lama.

"Kami sudah menyediakan tempat sampah di beberapa titik dan kita ada 14 tim kebersihan, enam tim bangunan, dan tim taman yang semuanya itu menjadi petugas kebersihan. Ada tambahan juga 40 orang karyawan yang menjaga," tutupnya. (Natalia Adinda)

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya