Pangeran Harry Blak-blakan soal Gangguan Mentalnya, Panik Saat Lihat Blitz Kamera

Gangguan kesehatan mental ini kerap muncul saat Pangeran Harry melakukan tugas Kerajaan Inggris.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 21 Mei 2021, 13:20 WIB
Gangguan kesehatan mental ini kerap muncul saat Pangeran Harry melakukan tugas Kerajaan Inggris. (VICTORIA JONES / POOL / AFP)

Liputan6.com, Los Angeles - Kematian Putri Diana membawa luka dan kemarahan mendalam di hati Pangeran Harry. Dalam usia yang kala itu masih kecil, 12 tahun, suami Meghan Markle ini menyebut adanya ketidakadilan atas kematian sang ibu.

"Yang jelas, aku sangat marah atas apa yang terjadi dan kenyataan bahwa tak ada keadilan sama sekali. Enggak ada. Orang yang sama, yang mengejarnya sampai terowongan, memotretnya saat sekarat di kursi belakang kursi itu," begitu pernyataannya dalam serial dokumenter The Me You Can't See, diwartakan E! News, Jumat (21/5/2021).

Selama bertahun-tahun ia menyimpan luka hati, dan mengatakan pada orang di sekitar bahwa dirinya baik-baik saja. Namun ini malah jadi bumerang. Belakangan, ia mengalami sejumlah gangguan mental karenanya.

2 dari 5 halaman

Serangan Panik

Pangeran Harry dalam The Me You Can't See. (Apple via AP)

"Serangan panik, kecemasan parah. Dan sejak usia 28 hingga 32 mungkin bisa dibilang mimpi buruk dalam hidupku," kata ayahanda Archie. 

3 dari 5 halaman

Berkeringat

Pangeran Harry saat sesi wawancara dalam program Radio BBC 4 Today di London, Rabu (27/12). (Jeff Overs / BBC / PA via AP)

Gangguan ini ia rasakan saat hendak berangkat menunaikan tugas kebangsawanan. "Bahkan sebelum aku keluar rumah, aku bermandi keringat, jantungku berdebar-debar. Aku berada dalam kondisi melawan-atau-kabur," kata Pangeran Harry.

4 dari 5 halaman

Lampu Blitz

Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri acara amal untuk memperingati Hari AIDS Sedunia di Nottingham, Jumat (1/12).(Steve Parsons/PA via AP)

Hal ini makin parah saat ia hendak melangkah keluar mobil dan dihujani lampu blitz dari para juru foto.

"Aku mulai berkeringat. Aku merasa seperti suhu tubuhku lebih panas dua atau tiga derajat dari orang lain di ruangan. Aku meyakini bahwa wajahku memerah terang, dan karena itu semua orang bisa mengetahui apa yang kurasakan, tapi tak ada yang tahu mengapa. Jadi itu terasa memalukan," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Bertemu Meghan

Pangeran Harry mengatakan meski pikiran aneh dan kepanikan terus berkecamuk di kepala, ia tetap melawannya sendirian. Hal ini berubah setelah ia bertemu Meghan Markle.

"Bertemu dan bersama Meghan, aku tahu kalau aku tak menjalani terapi dan memperbaiki diri, aku akan kehilangan wanita ini, sosok yang kuharap bisa menghabiskan sisa hidup bersamaku," pungkas Pangeran Harry.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya