Mengenal Andrea Meza Miss Universe 2020, Aktivis Perempuan yang Jadi Vegan

Andrea Meza, wakil Meksiko berhasil meraih mahkota Miss Universe 2020 mengalahkan wakil Brasil di posisi kedua..

oleh Putu Elmira diperbarui 17 Mei 2021, 12:02 WIB
Andrea Meza, perwakilan Meksiko berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2020. (Rodrigo Varela / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, akhirnya kontes kecantikan sejagat Miss Universe 2020 tuntas digelar dan dihadiri 94 kontestan. Andrea Meza, wakil Meksiko berhasil membawa pulang gelar dan mahkota Miss Universe 2020.

Grand final Miss Universe 2020 berlangsung di Seminole Hard Rock Hotel and Casino, Hollywood, Florida pada Minggu, 16 Mei 2021, pukul 20.00 waktu setempat atau Senin, 17 Mei 2021 pukul 07.00 WIB. Perhelatan ke-69 ini dipandu oleh Mario Lopez dan Olivia Culpo.

Pada malam penganugerahan, Andrea mantap mengungguli para pesaingnya di Top 5. Mereka adalah Runner-Up keempat Dominika Kimberly Jimenez (Republik Dominika), Runner-Up ketiga Adline Castelino (India), Runner-Up kedua Janick Maceta (Peru), Runner-Up pertama Julia Gama (Brazil).

Lebih dekat dengan sang pemenang, Andrea Meza memiliki nama lengkap Alma Andrea Meza Carmona. Perempuan berusia 26 tahun ini lahir di Chihuahua, Meksiko pada 13 Agustus 1994.

Perjalanannya di dunia kontes kecantikan ternyata cukup panjang. Ia sebelumnya dinobatkan sebagai Mexicana Universal 2020 dan Miss Mexico 2017, dan menyabet posisi runner-up pertama di Miss World 2017.

Ia menyelesaikan studinya di Autonomous University of Chihuahua, Meksiko. Dilansir dari laman resmi Miss Universe, Senin (17/5/2021), Andrea menyandang gelar di bidang software engineering dan bangga jadi perempuan yang lulus dalam bidang studi yang didominasi pria.

Miss Universe 2020 ini juga seorang aktivis yang berfokus pada hak-hak dan inklusi perempuan. Saat ini, ia bekerja sama dengan Municipal Institute for Women yang bertujuan mengakhiri kekerasan gender.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Semangat Andrea Meza

Andrea Meza, perwakilan Meksiko berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2020. (Rodrigo Varela / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Selain itu, Andrea turut ambil bagian dalam asosiasi amal global yang mengumpulkan dana di India, Indonesia, dan China untuk kaum tertindas. Ia penata rias bersertifkat dan juga seorang model.

Pribadi yang aktif membuat Andrea sangat menyukai olahraga, seperti crossfit dan olahraga ekstrem seperti rappel dan sand boarding. Kepeduliannya yang tinggi pada kesejahteraan dunia dan hewan membuatnya menjadi seorang vegan.

Andrea ditunjuk sebagai Tourism Brand Ambassador resmi untuk Chihuahua, mempromosikan atraksi wisata terbaik dan kekayaan budaya yang ditawarkan rumahnya yang indah. Ia juga suka menyanyi untuk mengekspresikan emosinya.

3 dari 3 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya