Alokasikan Dana Rp475 Miliar, Singapura Dorong Wisata Domestik

Berbagai penawaran untuk mendorong turis domestik di Singapura meliputi diskon, promosi, dan paket staycation.

oleh Asnida Riani diperbarui 25 Jul 2020, 11:30 WIB
Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

Liputan6.com, Jakarta - Warga Singapura didorong untuk berwisata dalam negeri, kegiatan yang kemudian dijuluki Singapoliday, sebagai bentuk dukungan pada bisnis lokal.

Melansir laman Channel News Asia, Jumat, 24 Juli 2020, sebagai dukungan, Singapore Tourism Board (STB) dan agensi lain menggelontorkan dana kampanye senilai 45 juta dolar Singapura (Rp475 miliar) untuk sembilan bulan ke depan.

"Gerakan ini akan menawarkan pengalaman unik, ragam paket, dan promosi untuk warga lokal," kata STB, Enterprise Singapore and Sentosa Development Corporation (SDC) lewat keterangan resmi.

Pihaknya pun telah menjalin kerja sama dengan ragam komunitas, yakni foodies, para fotografer, serta grup pecinta alam dan sejarah untuk membantu publik Singapura menemukan lokasi-lokasi tersembunyi.

Juga, telah merilis jadwal perjalanan yang diawali dengan area, seperti Little India, Sentosa, Chinatown, dan Orchard Road untuk memungkinkan pelancong mengeksplor sisi berbeda Negeri Singa.

"Singapura punya pasar domestik yang secara signifikan mencari ragam pengalaman baru. Bila kami bisa menangkap sebagian dari apa yang biasa kami habiskan di luar negeri, saya pikir gerakan ini akan memberi dorongan berarti bagi industri pariwisata dalam negeri," kata Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Gerakan ini sendiri didorong angka kunjungan turis ke Singapura yang angkanya terjun bebas. Pada Mei, tercatat hanya terdapat 880 kunjungan, pengurangan 99,9 persen dari waktu yang sama tahun lalu. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Publikasi Berbagai Tawaran Menarik

Wisata sejarah di Singapura. (dok. SGB)

Masih seputar dorongan kunjungan bagi turis domestik, sekitar 40 bisnis telah menawarkan setidaknya 80 promosi untuk atraksi, tur, dan pengalaman bermalam di hotel. Beberapa penawaran ini berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Singapura ke-55 tahun pada 9 Agustus mendatang.

Sebagai contoh, bakal ada diskon 55 persen tiket Changi Experience Studio dan Singapore Cable Car Sky Passes. Lalu, 1-for-1 deal di atraksi, seperti Wild Wild Wet dan Madame Tussauds. 

Beberapa hotel menawarkan paket promosi staycation dengan tur lokal. Sedangkan, perusahaan tur lokal akan mengombinasikan penawaran untuk menarik minat pelancong dalam negeri. Sentosa pun bakal menawarkan ragam promosi dan paket staycation

STB mengatakan, detail tentang paket, penawaran, dan promosi bakal tersedia di laman SingapoRediscovers dan aplikasi ponsel VisitSingapore.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya