Terkuak, Alasan Korea Selatan Prioritaskan Kirim Alat Tes Corona ke Indonesia

Korea Selatan telah mengirimkan alat tes corona ke tiga negara, salah satunya Indonesia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Apr 2020, 16:20 WIB
Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan "drive-thru" di Goyang, Korea Selatan, 1 Maret 2020. Seorang pengemudi diperiksa dari dalam mobilnya untuk melakukan serangkaian tes virus Corona COVID-19 oleh staf medis. (AP/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-Beom mengatakan bahwa Indonesia dan Korea Selatan adalah teman sejati dan sehati. Hal inilah yang menjadi dasar dan alasan utama mengapa Korea Selatan memprioritaskan Indonesia dalam bantuan ekspor alat tes Virus Corona COVID-19. 

Pemerintah Korea Selatan sebelumnya telah mengumumkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara prioritas untuk ekspor alat-alat kesehatan dan karantina dalam upaya memerangi Virus Corona COVID-19.

Indonesia jadi salah satu negara prioritas merupakan wujud nyata dari hubungan kemitraan strategis kedua negara yang dilandasi semangat saling membantu dan solidaritas.

"Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang memiliki hubungan spesial yang strategis," ujar Dubes Kim, di Jakarta, Senin (6/4/2020). Dengan alasan itulah, Indonesia bakal menerima bantuan alat tes dari Korea Selatan. 

Selanjutnya, sambil terus berkomunikasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri dan BNPB, pemerintah Korea Selatan akan mengirimkan bantuan alat kesehatan berupa rechargeable penyemprot desinfektan beserta alat tes Virus Corona COVID-19.

"Kami telah berdiskusi tentang barang apa saja yang mungkin akan dikirim ke Indonesia," ujarnya lagi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Tiba Pada 5 April

Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan "drive-thru" di Goyang, Korea Selatan, 1 Maret 2020. Fasilitas tes sementara yang bertempat di lahan parkir umum ini melayani serangkaian tes virus Corona lebih dari 100 warga setiap harinya. (AP/Ahn Young-joon)

Dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia GA879, sekitar 50.000 alat tes pemeriksaan Virus Corona penyebab COVID-19 dari Korea Selatan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 15:40 WIB, Minggu 5 April 2020.

Demikian informasi dari Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi.

"5 April 2020, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Seoul didukung Garuda Indonesia telah memfasilitasi pengiriman bantuan dari LG Group, yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG Internasional, kepada Pemerintah Indonesia berupa PCR (Polymerase chain reaction) diagnostic kit sejumlah 50.000 tes (unit, red)," kata Dubes Umar.

LG Group merupakan perusahaan multinasional bidang elektronik dan teknologi yang berpusat di Distrik Yeongdeungpo, Seoul, Korea Selatan. Sejak berdiri pada 1947, perusahaan itu sampai saat ini memiliki cabang dan anak perusahaan yang beroperasi di lebih 80 negara, termasuk Indonesia.

Bantuan PCR diagnostic kit tersebut adalah bentuk kontribusi LG Group dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia memerangi pandemi Virus Corona. "LG Group selama ini telah berkoordinasi dan berkonsultasi erat dengan KBRI Seoul dalam mempersiapkan bentuk dan cara pengiriman bantuan ke Indonesia​​​​​​​," terang Dubes Umar.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya