Jokowi: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Mana? Agustus Disampaikan

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan pihaknya masih menyelesaikan kajian-kajian. Mulai dari sektor ekonomi, demografis hingga masalah sosial politik.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jul 2019, 10:22 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Rencana pemindahan ibu kota dilakukan demi mengurangi tingkat kepadatangan yang sudah membludak di Jakarta. (Liputan6.com/HO/Radi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan saat ini masih dalam proses kajian terkait pemindahan ibu kota. Keputusan terkait lokasi mana yang akan dijadikan ibu kota, dia mengatakan akan disampaikan Agustus mendatang.

"Memang dari dulu sudah saya sampaikan, pindah ke Kalimantan. Nah Kalimantannya, Kalimantan yang mana? Nanti kita sampaikan Agustus," kata Jokowi dalam siara pers, Rabu (31/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan pihaknya masih menyelesaikan kajian-kajian. Mulai dari sektor ekonomi, demografis hingga masalah sosial politik.

"Nanti kalau sudah rampung, sudah tuntas, dan detailnya sudah dipaparkan (seperti) kajian kebencanaan seperti apa, mengenai air, mengenai keekonomian, mengenai demografinya, masalah sosial politik, pertahanan keamanan. Semuanya memang harus komplet," ucapnya.

Jokowi menegaskan pemerintah tidak terburu-buru untuk mengambil keputusan. Namun, dia meminta agar keputusan lokasi pemindahan ibu kota dapat diselesaina secepatnya.

"Kita tidak ingin tergesa-gesa, tetapi ingin secepatnya diputuskan," ungkap Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya