Sejarah Tiara Ikonik Putri Diana yang Dipakai Kate Middleton

Kate Middleton kembali mengenakan tiara yang biasa dipakai Putri Diana semasa hidup kala menjamu Raja dan Ratu Belanda di Istana Buckingham. Bagaimana sejarahnya?

oleh Komarudin diperbarui 25 Okt 2018, 13:15 WIB
Kate Middleton memakai mahkota milik Putri Diana (John Stillwell / Dave GAYWOOD / AFP)

Liputan6.com, Jakarta – Penampilan Kate Middleton kembali menarik perhatian saat menghadiri acara kenegaraan di Istana Buckingham, baru-baru ini. Ia memakai tiara Putri Diana di acara makan malam untuk menghormati Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda.

Mereka yang hadir tampil berkelas hingga menarik perhatian publik. Apalagi, Kate Middleton, istri Pangeran William yang malam itu mengenakan gaun biru muda dari rumah mode Alexander McQueen. 

Namun, yang menarik perhatian adalah tiara yang dipakai Kate Middleton. Dilansir People,  Ia mengenakan tiara bernama Lover's Knot atau Simpul Kekasih yang sebelumnya sering dipakai oleh Putri Diana. 

Putri Diana pertama kali memakai tiara tersebut saat kunjungan resmi ke Washington bersama Pangeran Charles pada 1985. Tiara merupakan hadiah pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles, tapi Diana dilarang menyimpannya setelah bercerai dari Charles. 

2 dari 2 halaman

Dibuat pada 1914

Kate Middleton memakai mahkota milik Putri Diana (John Stillwell / POOL / AFP)

Sebelumnya, tiara ini dimiliki oleh Ratu Elizabeth II dan aslinya dibuat untuk sang ibu, Ratu Mary pada 1914. Setelah Putri Diana bercerai dengan Pangeran Charles, tiara tersebut dikembalikan kepada Sang Ratu.

Tiara tersebut bentuknya melengkung dan desainnya yang unik membuatnya berbeda dengan gaya tiara kerajaan yang lebih formal. Setelah kematian Putri Diana pada 1997, tiara itu tak terlihat ke publik sampai pada 2015. Kate Middleton lah yang kembali memakainya, saat jamuan makan dalam pertemuan diplomatik di Istana Buckingham.

Kate kembali terlihat memakai tiara tersebut saat menerima kunjungan Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol saat menyambangi Kerajaan Inggris pada 2017. Kate kala itu mengenakan gaun ungu pastel berlengan panjang dengan kalung panjang berlian. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya