Daftar Lokasi Parkir Kendaraan untuk Closing Ceremony Asian Games 2018

Pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas ke arah Gerbang Asia Afrika untuk melancarkan acara penutupan Asian Games 2018.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 02 Sep 2018, 16:01 WIB
Ada sekitar lima titik parkir kendaraan roda dua dan roda empat untuk acara Penutupan Asian Games 2018. (Tommy/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Upacara penutupan atau closing Ceremony Asian Games 2018 tinggal menghitung jam. Lebih dari 50 ribu tiket sudah dipegang mereka yang beruntung untuk menyaksikan pesta penutup ajang olahraga bergengsi ini.

Pihak kepolisian pun sudah bersiaga untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan mengatur lokasi parkir kendaraan. Tercatat ada sekitar lima titik parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

"Perlu kami jelaskan area parkir untuk kegiatan Closing Ceremony Asian Games 2018 di sekitaran Gelora Bung Karno. Yang pertama, parkir kendaraan roda empat maupun roda dua, ada di sekitaran Gedung MPR/DPR, kemudian di Manggala Wanabakti, TVRI, Kementerian Olahraga, ditambah satu lagi tempat adalah di Pulo Dua," jelas Kompol Herman Rusmandi Kasi Dikmas Ditlantas Polda Metro Jaya pada Liputan6.com, Minggu (2/9/2018).

Ia menjelaskan, lokasi parkir kendaraan roda dua dan empat adalah sama. Selain itu, pihak berwajib turut melakukan rekayasa lalu lintas ke arah Gerbang Asia Afrika.

"Akses ke gerbang Asia Afrika untuk sementara diarahkan lurus ke arah Slipi, dikarenakan di sekitaran Gerbang Pemuda cukup padat. Seandainya sudah ada kelandaian lagi, maka akan lagi difungsikan untuk dilintaskan lagi," ujarnya.

Kompol Herman menambahkan, rekayasa tersebut perlu diperhatikan agar masyarakat dapat mengantisipasi rekayasa lalu lintas ini dalam rangka upacara penutupan Asian Games 2018.

"Masyarakat seluruhnya yang akan melintas di Gelora Bung Karno, diharapkan untuk bisa antisipasi untuk mencari alternatif lain karena nanti akan difungsikan untuk kegiatan penutupan Asian Games, yaitu dari jam 19 sampai 22," jelasnya.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Pengunjung Acara Penutupan Asian Games 2018 Sebaiknya Pakai Angkutan Umum

Calon penonton rela antre di sepanjang pendestrian Senayan untuk mengikuti Closing Ceremony Asian Games 2018, di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (2/9).Sejumlah artis dalam dan luar negeri ikut meramaikan Closing Ceremony. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa menghimbau kepada seluruh pengunjung yang ingin menyaksikan jalannya closing ceremony atau acara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Glora Bung Karno (GBK) agar tidak menggunakan kendaraan pribadi. 

"Bagi yang ke GBK maksimalkan penggunaan angkutan umum," kata Royke saat ditemui di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Imbuan tersebut diberikan karena Korlantas memberikan keleluasaan bagi kendaraan umum dengan tetap bisa masuk ke area lokasi penutupan Asian Games 2018. Berbeda, ada penutupan bagi kendaraan pribadi. 

"Kendaraan berstiker atau berkepentingan diperbolehkan masuk area penutupan, angkutan umum boleh masuk. Kami memberikan keleluasaan untuk taksi berpenumpang," imbuhnya.

Royke menegaskan, bagi masyarakat yang tetap memaksakan untuk menggunakan kendaraan pribadinya, agar menyimpan kendaraannya di sejumlah kantung parkir yang telah disediakan pihak INASGOC. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penumpukan atau kepadatan di ruas jalan menuju GBK.

"Gunakanlah lahan parkir yang sudah disediakan oleh inasgoc atau lahan parkir di luar daripada itu," imbuhnya.

Masyarakat bisa memanfaatkan lahan parkir di Pacific Place di kawasan SCBD. Kemudian untuk pengendara dari arah selatan yang melewati patung Senayan bisa menggunakan lahan parkir di Panin Bank, Kementerian Kesehatan, dan Ratu Plaza.

"Jangan memaksa masuk FX Sudirman. Yang akan menjadi krusial nanti antrean yang panjang adalah antrean FX sampai menyentuh patung Senayan, dan Tentara Pelajar," tutupnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya