Menlu Retno Marsudi Promosikan Asian Games 2018 pada Pertemuan Menlu ASEAN

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi turut aktif mempromosikan Asian Games 2018, termasuk dalam Pertemuan Menlu ASEAN.

oleh Rizki Akbar Hasan diperbarui 03 Agu 2018, 07:31 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi Promosikan Asian Games pada Pertemuan Menlu ASEAN di Singapura (2/8/2018) (sumber: Kemlu RI)

Liputan6.com, Singapura - Menyongsong perhelatan Asian Games 2018 yang tinggal menghitung hari, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi turut aktif mempromosikan kompetisi multi-olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Dalam Pertemuan pleno antar Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) di Singapura pada 1 Agustus 2018, Menlu Retno mengajak para Menlu ASEAN untuk menjadikan Asian Games 2018 sebagai momentum untuk memupuk persahabatan antara masyarakat dan bangsa-bangsa Asia.

"Melaui Asian Games, Indonesia ingin mempromosikan semangat persahabatan dan perdamaian di kawasan", demikian sebut Menlu Retno, seperti dikutip dari rilis resmi Kemlu RI yang dimuat Liputan6.com, Jumat (3/8/2018).

Pada kesempatan tersebut Menlu Retno memberikan tiga maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka kepada para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN, serta mengajak para Menlu untuk foto bersama dengan para maskot.

 

Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Puan Maharani Antar Undangan Asian Games 2018 untuk Kim Jong-un

Menko PMK Puan Maharani bersama sejumlah pejabat tinggi Korea Utara (30/7/2018) (sumber: KBRI Pyongyang)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, selaku utusan khusus Presiden RI, mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden Presidium Majelis Agung, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Kim Yong Nam, di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang, pada Senin, 30 Juli 2018.

Kunjungan Menko PMK ke Korea Utara untuk menyampaikan surat undangan dari Presiden Joko Widodo kepada Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018. Demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Pyongyang, yang dimuat Liputan6.com, Selasa 31 Juli 2018.

Pada pertemuan tersebut, Menko PMK menyatakan bahwa Asian Games dapat dijadikan momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Dia menambahkan, pemerintah RI menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam cabang olahraga di Asian Games 2018, yaitu bola basket putri, kano dan dayung.

Pada pertemuan tersebut, Menko PMK memberikan kepada Presiden Presidium tiga maskot Asian Games, yakni Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018.

Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya