Aplikasi Panduan Muslim, Bikin Ibadah Semakin Lancar

Salah satu aplikasi yang bertujuan mempermudah pengguna beribadah terutama di bulan Ramadan, adalah Panduan Muslim.

oleh Andina Librianty diperbarui 08 Jun 2017, 14:40 WIB
Aplikasi Panduan Muslim (Foto: Andina Librianty / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran aplikasi bisa dibilang dapat membantu penggunanya, tidak hanya untuk hiburan dan pekerjaan, tapi juga menjalankan ibadah. Salah satu aplikasi yang bertujuan mempermudah pengguna beribadah terutama di bulan Ramadan, adalah Panduan Muslim.

Panduan Muslim merupakan aplikasi bawaan dalam sistem operasi (OS) IDOS 6.1.2 atau versi terbaru. Saat ini, hanya smartphone Advan G1 yang menggunakan OS custom berbasis Android Marshmallow tersebut

"Ke depan, semua perangkat berbasis IDOS kita akan langsung memiliki aplikasi Panduan Muslim. Rencananya sampai akhir tahun ada lima perangkat lagi, smartphone dan tablet," kata Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto, saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Panduan Muslim berisi sejumlah fitur bermanfaat yaitu Panduan Membaca Al-Quran, Petunjuk Arah Kiblat, Pengingat Waktu Sholat, Lokasi Terdekat seperti untuk mengetahui lokasi masjid dan restoran halal, Kalender Islam, serta Asmaul Husna/Nama Allah. Selain itu juga ada tujuh fitur yang baru diluncurkan yaitu, Doa-Doa, Pesan Bergambar, Cerita Nabi, Tasbih Digital, Panduan & Do'a Wudhu, Huruf Hujaiyah dan Komunitas.

Tjandra yakin kehadiran berbagai fitur baru dapat membantu pengguna menjalankan ibadah, khususnya di bulan Ramadan. Misalnya saja fitur Doa-Doa, yang menampilkan tuntunan dan kumpulan doa kegiatan keseharian.

"Sebagai merek telekomunikasi, kami tidak hanya ingin menghadirkan smartphone, tapi juga berbagai fitur bermanfaat. Aplikasi ini nanti juga akan ada di semua smartphone dan tablet baru kami," ungkap Tjandra.

(Din/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya