Ingin Beli Rumah? Ini 5 Trik Jitu Menabung Bareng Pasangan

Impian memiliki rumah sendiri bukanlah perkara mudah. Anda harus memiliki komitmen yang tinggi bersama pasangan

oleh Vina A Muliana diperbarui 11 Mar 2017, 08:25 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan untuk hidup berumah tangga dengan pasangan akan diiringi dengan komitmen untuk bisa hidup mandiri. Salah satu impian dari banyak pengantin baru adalah bisa memiliki rumah sendiri agar bisa membina keluarga dengan baik.

Tapi impian memiliki rumah sendiri bukanlah perkara mudah. Kedua pasangan harus memiliki komitmen yang kuat terutama agar bisa mengumpulkan finansial yang diperlukan.

Berikut lima cara menabung bersama pasangan agar bisa membeli rumah pertama melansir laman Investopedia, Sabtu (11/3/2017):

1. Tetapkan tujuan dan buka tabungan bersama

Sebelum membuka tabungan bersama untuk membeli rumah, maka satu hal yang Anda dan pasangan harus lakukan adalah menetapkan tujuan bersama. Diskusikan dengan pasangan soal besarnya jumlah uang yang disisihkan untuk menabung.

2. Tahu tipe rumah yang akan dibeli

Cari target rumah yang akan Anda dan pasangan beli. Dengan melakukan hal ini, Anda menjadi lebih tahu berapa dana yang harus Anda kumpulkan bersama.

3. Mulai sisihkan dana

Dari pendapatan yang Anda miliki, Anda bisa menyisihkan 10-20 persen pendapatan untuk menabung membeli rumah yang diinginkan.

4. Kurangi dana untuk bersenang-senang

Menabung bisa dimulai dengan mengurangi dana untuk bersenang-senang. Demi bisa mewujudkan mimpi membeli rumah impian, Anda harus rela memotong anggaran hiburan dan menempatkannya di tabungan bersama.

5. Jangan lupa dana tambahan

Selain mengumpulkan uang untuk membeli rumah, Anda juga harus mempersiapkan dana tambahan. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana tambahan untuk membeli perabotan rumah tangga untuk melengkapi rumah yang Anda miliki.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya