Ini Isi Pertemuan Jokowi dengan Habibie dan Try Surtrisno

Habibie menyarankan memberi prioritas pada pengembangan teknologi. Utamanya teknologi yang memiliki nilai tambah tinggi.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 19 Jan 2017, 19:10 WIB
Mantan Presiden Ke-3 RI Baharuddin Jusuf Habibie didampingi Presiden Joko Widodo berjalan keluar usai makan siang di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/10/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan berbeda waktu itu berisi perbincangan yang berbeda pula.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pertemuan dengan Try Sutrisno berkaitan dengan penguatan Pancasila. Dalam pertemuan itu, Try sangat mengapresiasi upaya Jokowi untuk mengembalikan dan memantapkan ideologi Pancasila di tengah masyarakat.

"Pak Try memberikan beberapa masukan apa-apa yang harus dilakukan, metodenya seperti apa, bentuk lembaganya seperti apa ya itu yang disampaikan," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Berbeda dengan Try, pertemuan Jokowi dengan Habibie lebih kepada pengembangan teknologi di Indonesia. Pratikno menyebut, Habibie memang baru pulang setelah tiga bulan berada di luar negeri.

Jokowi juga mendapat masukan dari Habibie untuk memberi prioritas pada pengembangan teknologi. Utamanya teknologi yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Jadi tadi adalah beberapa hal teknis mengenai pembuatan pesawat terbang dan lain-lain. Saya kira itu saja," jelas Pratikno.

Di luar itu, Habibie menjelaskan, Indonesia punya modal besar dalam menjaga kehidupan bertoleransi. Kekuatan Indonesia menjaga kebersamaan dengan Bineka Tunggal Ika. Hal ini pula yang harus menjadi perhatian.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya