Kadin China Janjikan Buka 40 Ribu Lowongan Bagi Pekerja Lokal

Di masa depan, China menjanjikan akan ada terobosan baru dalam hal peningkatan investasi di Indonesia, yakni pembukaan lapangan kerja.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 19 Jan 2017, 08:42 WIB
Kadin China di Indonesia (Foto: Andreas Gerry)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kamar Dagang China untuk Indonesia, Liu Cheng mengatakan negaranya terus berkomitmen menambah investasinya di Tanah Air.

Namun peningkatan investasi Tiongkok ke Indonesia di masa mendatang tidak akan menggunakan cara yang sama. Akan ada terobosan baru yang siap mereka gunakan.

"Investasi dari China ke Indonesia tidak hanya akan membawa dana dan teknologi, tapi juga mendorong peningkatan jumlah lowongan kerja," ucap Liu di Hotel Shangrila, Jakarta, pada Rabu, (18/1/2017).

Dia memastikan, pembukaan lapangan kerja baru bukan untuk tenaga kerja asal negaranya, melainkan bagi masyarakat lokal.

"Perusahaan China yang hadir dalam konferensi akan membuka lebih dari 40 ribu lowongan kerja bagi masyarakat lokal di masa mendatang," paparnya.

Selain menyatakan siap membuka lapangan kerja, Liu juga memaparkan seberapa besar peningkatan investasi China pada tahun 2016 lalu. Ia menyatakan kenaikannya sangat signifikan.

"Paruh pertama 2016, volume investasi langsung China ke Indonesia bertambah 532 persen dibandingkan masa yang sama di tahun sebelumnya," ujarnya.

"China sudah menjadi negara sumber investasi terbesar ketiga bagi Indonesia dari peringkat 10 sebelumnya," jelas Liu.

Di waktu mendatang Liu menyatakan, kerjasama ekonomi Indonesia-China akan diperluas. Langkah ini akan mencakup bidang kapasitas produksi, layanan moneter, dan E-Bisnis.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya