Doyan Touring Pakai Motor? Sebaiknya Persiapkan Asuransi

Pemotor wajib memiliki persiapan andaikata mengalami insiden.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 06 Nov 2015, 11:35 WIB
Pemotor wajib memiliki persiapan andaikata mengalami insiden.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai sepeda motor memiliki risiko yang lebih besar ketimbang roda empat. Kondisi kendaraan yang harus selalu dijaga kestabilannya serta situasi berkendara yang terbuka berpotensi menimbulkan dampak yang lebih buruk andaikata terjadi insiden.

Bagaimanapun, sebagai pemotor terlebih bila sering touring jarak jauh dengan sepeda motor, Anda sebaiknya memiliki persiapan yang menyeluruh. Tidak hanya mempersiapkan perlengkapan berkendara semata, tetapi juga persiapan andaikata mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan.

Hal ini dimaksudkan agar Anda segera mendapat penanganan medis yang profesional jikalau terjadi insiden yang menyebabkan luka serius.

Berikut ini persiapan bagi pemotor yang gemar berkendara jarak jauh seperti dilansir Businessinsider, Jumat (6/11/2015):

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa menjadi aspek penting bagi pengendara roda dua, terlebih jika Anda sudah berkeluarga. Andaikata Anda mengalami kecelakaan yang fatal hingga menyebabkan kematian, asuransi jiwa akan menutupi biaya perawatan hingga biaya pemakaman Anda.

Selain itu, asuransi jiwa juga membantu menutupi hutang dan kewajiban yang ditinggalkan oleh almarhum. Meskipun terdengar seperti menakut-nakuti, tapi asuransi jiwa memang bakal dibutuhkan oleh setiap orang.

2. Asuransi kesehatan

Anda yang doyan berkendara terutama dengan jarak jauh dipastikan butuh yang namanya asuransi kesehatan. Tak melulu untuk menanggulangi biaya pengobatan saat terjadi insiden, asuransi kesehatan juga berfungsi untuk biaya saat anda perlu perawatan medis akibat kondisi badan yang menurun pasca berkendara.

Biaya perawatan medis bakal membengkak hingga empat kali lipat jika Anda terpaksa harus dirawat di ruang ICU. Biaya tersebut bahkan belum termasuk perhitungan andaikata harus mengalami operasi yang bisa membuat biaya meroket hingga ratusan juta rupiah.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Asuransi sepeda motor

Tidak hanya mengasuransikan diri, sepeda motor kesayangan juga butuh perlindungan asuransi. Tujuannya tidak hanya melindungi kendaraan dari kerusakan saat insiden, tetapi juga melindungi kendaraan saat pencurian dan vandalisme.

Dengan adanya asuransi kendaraan, Anda pun tidak perlu khawatir jika terjadi suatu peristiwa yang menyebabkan terjadinya kerusakan. Sepeda motor kesayangan langsung direparasi hingga seperti motor baru dengan dana asuransi kendaraan. Ini juga berarti membuat kendaraan lebih cepat mendapat penanganan sehingga sepeda motor dapat segera kembali digunakan.

4. Surat kuasa

Sebuah surat kuasa memungkinkan seseorang dengan mengatasnamakan diri Anda untuk mengambil keputusan atau tindakan hukum jikalau Anda tidak memungkinkan untuk melakukannya.

jika Anda butuh mengakses rekening bank atau membayar tagihan saat Anda sedang berhalangan, surat kuasa akan memudahkan Anda untuk meminta seseorang melakukan segala hal yang butuh kekuatan hukum seperti hal di atas.

(ysp/ian)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya