Sukses

Tips Usir Kantuk saat Berkendara Sepeda Motor di Bulan Puasa

Bagi sebagian orang, bulan Ramadhan pastinya sedikit banyak mengubah kebiasaan, seperti pola tidur

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bulan Ramadhan sedikit banyak mengubah kebiasaan, seperti pola tidur. Sebab, jam tidur seseorang akan terpotong untuk bangun dan makan sahur.

Jika sudah begitu, tak jarang bagi seorang yang tengah berpuasa dan harus tetap beraktivitas dan berkendara sepeda motor, sering kali rasa kantuk bisa menyerang. Jika sudah begitu, pastinya bakal beresiko besar, dan bisa menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Melihat kondisi tersebut, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani membagikan sejumlah tips untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara sepeda motor di bulan Ramadhan:

1. Istirahat yang Cukup

Mungkin, jam tidur dan bangun bergeser karena harus makan sahur. Namun, tetap pastikan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan. 

"Tidur minimal 7–8 jam per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa kantuk," ujar Agus Sani. 

2. Pemanasan Tubuh

Gerakan-gerakan ringan atau pemanasan tubuh (stretching) sebelum berkendara dapat meminimalisir risiko kecelakaan di jalan.

"Gerakan-gerakan ringan, seperti merentangkan tangan, dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah menuju ke otak sehingga kita bisa lebih konsentrasi. Aliran darah pun makin lancar sehingga reflek saat berkendara lebih baik," jelas Agus Sani

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lihat Peta Digital

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya juga melihat peta perjalanan digital. Peta perjalanan digital biasanya menyajikan kondisi lalu lintas secara real time. Dengan begitu, perjalanan akan makin efisien.

4. Istirahat Sejenak

Agus Sani menambahkan, bila rasa kantuk tak tertahan, istirahatlah sejenak sekitar 10–15 menit. Tapi jangan di pinggir jalan.

"Tepikanlah motor di tempat-tempat seperti halaman parkir convenience store, masjid dan sebagainya," tegasnya.

Jika perlu, lanjutnya, lakukan kembali gerakan-gerakan ringan untuk memastikan anggota tubuh berfungsi dengan baik.

3 dari 3 halaman

Infografis Sepeda Motor Masuk Jalan Tol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.