5 Street Food Terkenal di Semarang

Banyak tempat yang bisa dijumpai di Semarang jika sedang berkunjung di kota yang terkenal dengan Lawang Sewu nya.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Des 2014, 18:30 WIB
edfewf

Citizen6, Jakarta Dinamakan  street food karena lokasinya ada di pinggir jalan dengan tampilan yang cenderung sederhana yakni menggunakan gerobak beroda dua, tenda, hingga lesehan. Banyak tempat yang bisa dijumpai di Semarang jika sedang berkunjung di kota yang terkenal dengan Lawang Sewu nya. Kawasan ini memang terkenal sebagai salah satu tempat kuliner favorit bagi para pemburu makanan di Indonesia. Salah satunya street food menarik yang wajib dicoba.

Nah, ini dia street food yang terkenal di Semarang:

1.    Nasi Ayam Ibu Sami
Nasi ayam pojok Matahari Ibu Sami ini letaknya di Simpang Lima, tepatnya di pasar kaki lima. Tapi sangat disayangkan buka nya diatas jam 9 malam. Nasi ayam ini terkenal menurut orang-orang yang makan di lokasi. Dan lauk pauk yang disediakan walau beberapa pengunjung yang mengatakan Nasi Ayam Matahari Simpang Lima ini lumayan mahal. Tentunya harus pintar-pintar memilih lauk pauk yang disediakan karena kuatnya minyak dan santan yang ada di masakan Nasi Ayam tersebut.

2.    Lekker Paimo
Ada lagi nih street food yang wajib dicobain kalau sedang main-main ke Semarang yaitu Lekker Paimo. Di Semarang Tengah lokasinya tepatnya di depan SMA Kolese Loyola. Walaupun tampak seperti lapak jajakan kue lekker dan sederhana, tetapi lekker ini sangat terkenal di Semarang dan penggemar yang rela mengantri demi dapat menikmati kue Lekker Paimo ini. Lekker Paimo tersedia dalam dua macam loh yaitu ketebalan tipis kering yang dipakai untuk jenis lekker dan tipker dan yang lebih tebal dari tipker. Varian rasa yang ada antara lain Telur Sosis, Tuna Keju, Jagung Manis, Keju Abon, Telur Sosis Keju, Telur Sosis Tuna, Sosis Mozarella, dan masih banyak varian rasa lainnya.

3.    Tahu Gimbal
Salah satu makanan khas dari Semarang ini mempunyai penggemar banyak. Tahu gimbal dapat ditemukan di sekitaran Taman KB, tepatnya di depan SMA Negeri 1 Semarang. Di Taman KB memang tempat untuk bersantai karena terdapat pepohonan dan kolam yang sekitarnya digunakan untuk kuliner. Harga rata-rata tahu gimbal yang ditawarkan Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu. Racikan tahu gimbal terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telur ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal.  Gimbal sendiri berwujud bakwan udang. Biasanya si penjual tidak mengiris lontong, tahu, dan gimbal dengan pisau, melainkan mengguntingnya dengan gunting besi bergagang hitam. Kemudian, campuran bahan itu diguyur saus kacang petis udang. Sedap!

4.    Es Duren Segitiga Erlangga
Ingin makan-makanan khas Semarang di tengah kota tapi dengan suasana PKL? Anda bisa mampir ke Segitiga Emas Erlangga tepatnya di Jl. Raya Erlangga (Simpang Lima). Lokasinya tidak jauh dari Simpang Lima yang tersohor itu tetapi memang agak nyelempit karena harus masuk gang. Tempat ini dinamai Segitiga Erlangga karena sesuai dengan tempatnya yang berbentuk segitiga dan berlokasi di daerah Erlangga. Tempat ini terkenal dengan Es Durennya yang nikmat, yang berisi dawet, 3 biji durian, diberi santan dan es serut sampai menggunung dan atasnya diberi susu kental manis. Buah duriannya bukan sembarang pilih, namun durian yang benar-benar berkualitas sehingga manis, legit, renyah, daging buahnya tebal sehingga anda bisa membenamkan gigi anda ke dalam buah durian itu. Satu porsi es durian berkisar R. 20.000,- hingga Rp. 30.000,- atau lebih bergantung permintaan anda juga. Tidak hanya Es Durian yang ada di Segitiga Erlangga tetapi ada juga tahu gimbal, bakso malang, batagor bandung.

5.    Ayam Goreng Kalasan Simpang Lima
Warung tenda ini tertelak ditengah kota Semarang Jl. Simpang Lima No. 1 dan membuka cabang baru di Mall Ciputra, Food Fair, Lt. 2. Ayam Goreng Simpang Lima ini buka malam hari dna jangan salah banyak pengunjung yang antri untuk menikmati street food ini. Dari luar terlihat seperti warung ayam goreng lainnya tetapi Ayam Goreng Kalasan ini menyuguhkan ayam goreng yang nikmat dan rasa ayamnya yang gurih dan lembut dan ada kremesan tepungnya. Uniknya di warung ini pengunjung dapat memesan pete sebagai pelengkap lalapan yan ada. Untuk harga sangat terjangkau mengingat dengan lokasi di Simpang Lima.
Siap mencoba? Datang ke Semarang dan rasakan nikmatnya.

Pengirim:
Maghfira Ainun 

Semarang

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya