Pengumuman Kabinet Jokowi Batal

Jokowi sebelumnya dikabarkan akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahan. Tapi kini dibatalkan.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 25 Okt 2014, 00:01 WIB
Jokowi sebelumnya dikabarkan akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahan. Tapi kini dibatalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mengumumkan susunan kabinet pemerintahan dipastikan batal dilakukan pada malam ini. Kabarnya, kepastian tersebut didapat lantaran masih ada beberapa nama masih ditelusuri oleh KPK.

"Pengumumannya memang diinformasikan hari ini awalnya. Tapi dipastikan tidak jadi dilakukan hingga malam ini," ujar salah satu sumber kepada Liputan6.com di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, (25/10/2014).

Menurut sumber tersebut, batalnya pengumuman susunan kabinet malam ini karena masih adanya beberapa nama menteri yang masih harus dipertimbangkan oleh Jokowi pasca mendapatkan laporan para calon menterinya dari KPK dan PPATK.

"Iya, karena masih ada yang harus dipertimbangkan lagi, sehingga tidak bisa dilakukan malam ini," ungkapnya.

Sebelumnya Jokowi mengatakan ada 33 menteri yang akan membantu pemerintahannya. Jokowi pun menyerahkan sejumlah calon menteri itu ke KPK untuk diperiksa rekam jejaknya.

Dari hasil penelusuran KPK, beberapa nama di antaranya dinyatakan terindikasi dugaan kasus korupsi. Setelah menerima rekomendasi KPK, Jokowi kemudian menggodok ulang nama-nama calon menteri, dan menyerahkan nama baru ke KPK untuk diselidiki.

Jokowi sebelumnya juga mengirimkan surat perubahan nomenklatur susunan kabinet ke DPR. DPR kini sudah memberikan surat balasan terkait perubahan dalam struktur kabinet.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya