Selain Spongebob, 4 Kartun Anak Ini Mengandung Kekerasan

Selain Spongebob Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga memberikan ‘lampu kuning’ bagi beberapa tayangan kartun yang dianggap tidak mendidik

oleh Liputan6 diperbarui 30 Sep 2014, 15:15 WIB
Bukan hanya di Indonesia Spongebob terancam di hapus. Di negara ini juga.

Liputan6.com, Jakarta Selain Spongebob Squarepants, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga memberikan ‘lampu kuning’ bagi beberapa tayangan kartun yang dianggap tidak mendidik untuk anak-anak.

"Seperti adegan memelorotkan celana, balas dendam, dan hal lain yang tidak patut dilihat anak-anak," ungkap Agatha, Komisioner KPI pada Selasa (23/9/2014).

Selain itu, alasan lain yang dikeluarkan KPI adalah banyaknya adegan kekerasan pada kartun-kartun anak seperti Spongebob. Ditakutkan, anak-anak akan mencontoh adegan kekerasan yang dilihatnya.

Berikut beberapa kartun yang memuat banyak adegan kekerasan:

1. Bima Sakti

Bima Sakti adalah kartun yang berasal dari India. Tokoh utama serial ini bernama Bima Sakti yang tinggal di sebuah desa bernama Dholakpur.

Serial ini mengisahkan perjalanan Bima Sakti dan teman-temannya dalam membela kebenaran. Adegan kekerasan pada kartun ini terletak pada penyelesaian masalah yang selalu menggunakan kekerasan fisik oleh tokoh utama.

2. Little Krishna

Sama dengan kartun Bima Sakti, Little Krishna juga berasal dari India. Ceritanya pun tidak berbeda jauh. Keduanya sama-sama bercerita tentang kisah anak kecil yang membela kebenaran dan menonjolkan sisi kekerasan dalam menyelesaikan masalah.

3. Tom and Jerry

Agak berbeda dengan dua kartun sebelumnya, kartun Tom and Jerry mengisahkan tentang pertengkaran abadi antara Tom yang kucing dan Jerry yang merupakan tikus.

Kartun yang sudah cukup lama ada di pertelevisian Indonesia ini dianggap mempertontonkan banyak adegan kekerasan. Dalam setiap ‘perburuan’nya, Tom selalu menggunakan cara-cara berbahaya demi dapat menangkap Jerry, meskipun selalu gagal. Atas alasan ini KPI mengkategorikan kartun Tom and Jerry sebagai kartun berbahaya.

4. Crayon Shinchan

Adegan kekerasan yang paling sering terjadi di kartun ini adalah ketika Shinchan, tokoh utama, melakukan kesalahan lalu dihukum orangtuanya. Biasanya, kalau Shinchan melakukan kesalahan, ibunya langsung menghukumnya dengan cara memukul kepala Shinchan hingga benjol.

Akankah ke-4 kartun ini mengalami nasib yang sama seperti Spongebob? (Rio Apinino/Igw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya