Melancong ke Pulau Rinca, Habitat Asli Komodo

Di sinilah salah satu habitat asli kadal terbesar di dunia, komodo, yang disebut masyarakat lokal sebagai Ora.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Mei 2014, 12:52 WIB
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Manggarai Barat - Keindahan kepulauan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak saja karena panorama lautnya tetapi juga ditopang eksotisme satwa khas komodo.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (26/5/2014), selain di Pulau Komodo para wisatawan dapat menemui hewan langka ini di Pulau Rinca yang juga merupakan habitat aslinya.

Dengan kapal motor dari dermaga Labuan Bajo, selama perjalanan pelancong bisa menikmati keindahan bahari. Dibanding ke Pulau Komodo, Pulau Rinca lebih mudah dijangkau.

Pulau Rinca merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Di sinilah salah satu habitat asli kadal terbesar di dunia komodo yang disebut masyarakat lokal sebagai Ora.

Tiba di dermaga Pulau Rinca yang dikenal sebagai Loh Buaya, setiap kelompok pengunjung akan didampingi seorang petugas atau ranger. Tugas ranger selain sebagai penunjuk jalan, juga untuk menjaga keselamatan turis dari serangan komodo.

Komodo biasanya ditemukan beristirahat di bawah pondokan rumah dan dapur para ranger karena terpancing bau makanan.
Wisatawan bisa mengikuti trek pendek dan trek panjang dengan selisih waktu satu hingga 2 jam. Mereka bisa melihat dari dekat kebiasaan komodo serta sarang dan telur komodo

"Sangat indah. Saya seperti berada di masa purba. Komodo bisa cukup menakutkan. Untungnya mereka diam saja, jadi kami aman," ungkap Steve, salah satu turis asal Amerika.

Usai berkeliling, turis bisa membeli cinderamata sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung ke habitat asli komodo yang hanya ada di Indonesia. (Sun)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya