Sukses

7 Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup, Memohon Kesehatan dan Kebahagiaan

Simak bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup ahar selalu diberi kebahagiaan, kesehatan, umur panjang, dan keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk orang tua yang masih hidup penting diketahui oleh umat Muslim. Doa ini hendaknya dipanjatkan setiap hari sebagai amalan harian. Hal ini sebagai bentuk anak yang berbakti kepada kedua orang tua.

Anak dapat memberikan doa kepada kedua orang tua, terutama yang masih hidup. Membaca doa untuk orang tua yang masih hidup setiap hari membuat mereka senantiasa diberi umur panjang, kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan oleh Allah SWT.

Mendoakan kedua orang tua tak hanya ditujukkan untuk mereka, melainkan juga untuk kita sendiri. Untuk itu, amalkan doa untuk orang tua yang masih hidup setiap hari setelah sholat fardhu maupun sunnah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Berikut ini salah satu bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup agar senantiasa diberi kebahagiaan, yakni:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Arab Latin: Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kamaa rabbayanii shaghiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

2. Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup Namun Sedang Sakit

Selain bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup di atas, ada pula bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup namun sedang sakit adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Arab Latin: Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan."

3 dari 4 halaman

3. Doa untuk Orang Tua yang Sakit Parah

Selain dengan usaha, anda juga bisa istiqomah dengan mengamalkan doa untuk orang tua yang masih hidup namun sedang sakit parah. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Arab Latin: Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya: "Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya."

4. Doa untuk Ibu yang Masih Hidup

Selain bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup, anda juga bisa memanjatkan doa kepada ibu yang masih hidup. Berikut bacaannya:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Arab Latin: Allâhummâghfirlii, dzunubii, waliwaâlidayya, wâr hamhummâ, kâmaa rabbâyaanii shâgiiraa. walijâmi’il musliminâ, wâlmuslimâati, walmu’miniinâ, wâl mu’minâati, al ahyâa’i minhum wâl amwâti, watâabi’ wabâinanaa, wa bainâhum bil khâiraati, râbbighfir wârham wa antâ khâirur raâhimiina, wâlaa quwwâta, illa biilâahi ‘aliyyil adzim

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

4 dari 4 halaman

5. Doa untuk Orang Tua dan Saudara

Adapula bacaan doa untuk kedua orang tua dan saudara yang bisa anda amalkan, yakni:

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa rabbayaanii shagiiraa

Walijami'il muslimina, walmuslimaati, walmu'miniina, wal mu'minaati, al ahyaa'i minhum wal amwati, wataabi' wabainanaa, wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa anta khairur raahimiina.

Walaa quwwata, illa biilaahi 'aliyyil adzim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana kedua orang tuaku megasihiku ketika aku masih kecil.

Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu."

6. Doa untuk Orang Tua Memohon Ampunan

Berikut ini bacaan doa untuk orang tua yang memohon ampunan atas dosa yang diperbuat, yakni:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Arab Latin: Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Doa tersebut merupakan potongan dari surat Al-Isra ayat 24. Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa Allah memerintahkan untuk setiap anak merendahkan diri di hadapan kedua orang tuanya dan membaca doa sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

7. Doa untuk Orang Tua dan Orang Lain yang Lebih Tua

Terdapat pula bacaan doa untuk kedua orang tua dan orang lain yang lebih tua seperti guru, mereka yang berjasa, hingga mereka yang memiliki hal tertentu atas diri kita, yakni:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Arab Latin: Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushūshan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.