Sukses

VIDEO: Rumah Cantik Berbahan Daur Ulang

Pernahkan Anda mendengar istilah rumah pasif?

Liputan6.com, Oregon - Pernahkan Anda mendengar istilah rumah pasif? Rumah pasif adalah rumah yang menggunakan bahan serba daur ulang untuk menghemat sumber daya lingkungan. Seperti salah satu rumah di Oregon, Amerika Serikat ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (25/11/2015), sebagian besar perabotan di rumah ini merupakan bahan bekas.

Kayu-kayu yang digunakan untuk membangun pagar tembok pintu bahkan lemari dapur diperoleh dari bangunan bekas di sekitar kota. Agar tampak seperti baru, kayu-kayu tersebut diamplas dan dipelitur ulang.

Tutup botol gabus pun digunakan untuk membuat lantai berstruktur yang indah. Sedangkan peralatan listrik yang digunakan seperti penghangat ruangan serta lampu dipilih yang hemat energi . Pintu dan jendela pun dipilih yang dapat menyimpan hangat ketika musim dingin tiba.

"Kami menggunakan energi jauh lebih sedikit untuk menghangatkan rumah karena memiliki rumah pasif. Kami hanya menggunakan 10% dari total energi yang digunakan rumah lain di Amerika Serikat," kata Richard Nelson, sang pemilik rumah.

Richard juga memasang panel surya untuk menghasilkan listrik sendiri. Uniknya, listrik yang dihasilkan lebih banyak daripada listrik yang digunakan, sehingga dapat dijual ke perusahaan listrik setempat.

Masih dalam rangka menghemat, pemilik rumah juga bercocok tanam dan memelihara unggas untuk dikonsumsi. Bagaimana, Anda tertarik mencoba gaya hidup seperti ini? (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.