Sukses

Banjir Genangi Purworejo dan Padang

Rumah-rumah yang ada di 4 desa di Purworeko dikepung air. RSUD dan sekolah Kota Padang juga kebanjiran.

Liputan6.com, Purworejo - Ratusan rumah di 4 desa Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah yaitu Desa Karanganyar, Jatikontal, Gedangan, dan Desa Jatimalang terendam banjir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (12/11/2015), banjir juga sempat menggenangi kandang ternak milik warga. Banjir setinggi kurang lebih 1 meter ini terjadi diduga akibat muara Sungai Bogowonto tertutup material pasir.

Banjir juga menggenangi sejumlah kawasan di Padang, Sumatera Barat. Salah satunya di SMPN 27. Para siswa yang sudah datang ke sekolah sejak pukul 07.00 WIB, tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar. Para siswa hanya bergotong-royong membersihkan kelas.

"Walaupun di sekolah kita tidak hujan, tapi di hulu sana hujan itu banjir (sekolahnya)," ucap Kepala SMPN 27 Padang Zulhasmi.

RSUD Kota Padang juga kebanjiran. Petugas pemadam kebakaran Kota Padang dikerahkan untuk membersihkan lumpur di ruangan rumah sakit agar pelayanan tidak terganggu lebih lama.

Sementara itu, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Padang, tim SAR harus mengevakuasi seorang kakek. Pondok tempat sang kakek biasa berteduh dikepung luapan anak sungai yang semakin membesar.

Tim penolong dari SAR Kota Padang terpaksa mengevakuasi sang kakek dengan jembatan tali yang dibuat di sela-sela hujan deras. Setelah berjuang hampir 3 jam di tengah derasnya hujan dan penerangan seadanya, sang kakek akhirnya bisa diselamatkan. (Vra/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini