Sukses

400 Hektare Padang Savana Gunung Lemongan Ludes Terbakar

Padang savana Gunung Lemongan terbakar karena ulah orang tak bertanggung jawab yang hendak membuka lahan baru.

Liputan6.com, Lumajang - Kebakaran hutan di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat masih terus berlangsung di mana area terbakar mencapai lebih dari 300 hektare. Dan di Gunung Lemongan, Lumajang, Jawa Timur, padang savana juga terbakar karena ulah orang tak bertanggung jawab yang hendak membuka lahan baru.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (16/9/2015), padang savana di Gunung Lemongan, Desa Papringan, Lumajang terbakar. Padahal kawasan ini merupakan bagian dari hutan yang dilindungi.

Petugas dari Perum Perhutani, masyarakat, serta aktivis lingkungan berupaya memadamkan api secara manual menggunakan ranting dedaunan. Namun api terus menyala membakar padang savana yang telah kering.

Diduga kebakaran sengaja dilakukan orang tak bertanggung jawab untuk membuka lahan baru. Tercatat ada sekitar 400 hektare padang savana yang ludes terbakar.

Kemungkinan besar kebakaran akan terus menjalar jika pemerintah setempat tidak turun tangan memadamkan api.

Sementara itu, kebakaran hutan di kawasan Gunung Papandayan yang telah berlangsung seminggu masih terus terjadi. Api yang sebelumnya telah menghanguskan Blok Tegal Alun, puncak Papandayan, Pasir Malang, dan sebagian Blok Cisaroni kini mengarah sejumlah blok lainnya seperti di kawasan Stamplat, Cinunjang, dan kawasan Arjuna.

Upaya pemadaman masih dilakukan oleh sejumlah relawan bersama masyarakat. Menggunakan peralatan sederhana, relawan pemadam kebakaran hutan Gunung Papandayan menyebar ke bagian hutan yang masih terbakar.

Mereka membuat sekat bakar untuk melokalisasi api agar tidak menjalar ke area yang lain.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Garut mencatat area yang terbakar telah mencapai lebih dari 300 hektare. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.