Sukses

Pertukaran Budaya Indonesia dan Taiwan Lewat Aksi Akrobatik

Akrobat khas Tiongkok contohnya adalah memutar piring di mana 1 orang pemain berakrobat sambil memutar 6 piring.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok akrobatik asal Taiwan membuka pertunjukannya dengan atraksi topeng pergantian wajah khas Tiongkok. Dengan ketrampilannya, penari topeng bisa sekejap mengganti topeng wajahnya di depan penonton.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (9/9/2015), akrobat khas Tiongkok lainnya contohnya adalah akrobat putar piring di mana 1 orang pemain berakrobat sambil memutar 6 piring dengan menggunakan tongkat khusus.

Sedangkan akrobat lainnya yang disajikan adalah akrobat ketangkasan klasik. Yang menarik justru saat melihat sajian tari bela diri dan akrobat yang diambil dari budaya dan permainan suku-suku asli di Taiwan.

Sekilas, gerak dan baju yang dipakai tak jauh berbeda dengan baju tradisional sejumlah suku asli di Indonesia seperti suku Dayak di Kalimantan atau suku-suku di Pulau Nias dan Mentawai di Pantai Barat Pulau Sumatera.

"Kami harap kita bisa melakukan pertukaran kebudayaan yang berbeda, antara Indonesia dan Taiwan. Karena budaya tradisional dan seni kedua negara hampir sama. Indonesia juga mempunyai budaya yang indah, riasan, seni tari dan drama, juga cerita yang bisa dibagi," ucap acrobatic troupe director Lu Yi Shang.

"Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk pertukaran kebudayaan antara Taiwan dan Indonesia, dan juga untuk diplomatik. Melalui budaya, kita menjalani hubungan diplomatik dengan harapan tidak adanya perbedaan suku, ras, negara jadi kita bersatu dalam misi kebudayaan tersebut," ucap Ketua Penyelenggara acara Chung Wen Lin.

Satu-satunya kelompok akrobatik profesional di Taiwan ini mengakhiri tour Asianya di Indonesia setelah sebelumnya melakukan pertunjukan di Vietnam, Thailand, dan Malaysia. (Vra/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini